Bansos Tunai dari Kemensos Dibagikan untuk Masyarakat Pesisir Selatan


Sabtu, 16 Mei 2020 - 20:59:28 WIB
Bansos Tunai dari Kemensos Dibagikan untuk Masyarakat Pesisir Selatan Bupati Hendrajoni menyerahkan Bansos Tunai Kemensos secara simbolis di Bayang Utara kepada salah seorang penerima. (M Joni)

PAINAN, HarianHaluan.com -  Setelah pencairan Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Provinsi Sumatra Barat dan BLT dari APBD Kabupaten Pesisir Selatan, kini giliran Bantuan Sosial (Bansos) Tunai dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI dibagikan.

Penyaluran Bansos Tunai Kemensos RI di Pesisir Selatan, ditandai dengan penyerahan secara simbolis oleh Bupati Hendrajoni, kepada dua orang perwakilan masyarakat  Nagari Koto Ranah, yaitu Asniati, 68th dan Darna 65th, di UDKP Kantor Camat Ampek Nagari Bayang Utara Kabupaten Pesisir Selatan, Sabtu (16/5).

Dalam penyerahan bantuan tersebut dihadiri oleh Ketua TP PKK Kabupaten Pesisir Selatan Hj Lisda Hendrajoni, Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Zulfian Aprianto, serta Camat Bayang Utara, Ronald Bernando dan Muspika Kecamatan Bayang Utara. 

Bupati  Hendrajoni mengharapkan penyaluran bantuan pemerintah tidak memicu konflik di tengah tengah masyarakat, apalagi menimbulkan tindakan anarkis, akibat tidak mendapatkan bantuan terjadi bentrok antara masyarakat dengan pemerintah nagari atau antara masyarakat dengan kelompok masyarakat lainnya.

"Jika ada masalah dalam data calon penerima seperti, penerima ada yang pensiunan atau penerima ganda dengan PKH dan bantuan sembako, hal tersebut agar dibicarakan dengan wali nagari atau camat secara baik. Masyarakat juga dapat melaporkan kepada kami melalui layanan pengaduan yang telah disediakan oleh gugus tugas Covid 19," kata Hendrajoni.

Kepada masyarakat penerima bantuan bansos tersebut dingatkan agar dana tersebut dapat dipergunakan dengan bijak dan mengutamakan kebutuhan pangan. "Manfaatkan bantuan ini untuk memenuhi kebutuhan pokok selama masa pandemi wabah corona," tutur  bupati.

Sementara itu, selama masa PSBB, masyarakat diharapkan tetap di rumah saja, pemerintah akan memberikan bantuan dalam bentuk bansos tunai maupun Bantuan Langsung Tunai (BLT).

Dalam kesempatan itu, bupati juga memuji masyarakat Bayang Utara Kabupaten Pesisir Selatan  dalam penerimaan bantuan bansos dengan  tertib serta mematuhi protokol kesehatan seperti, dengan tetap menjaga jarak serta memakai masker. 

Kepala Dinas Sosial PP dan PA Kabupaten Pesisir Selatan Aprianto  menjelaskan, Pesisir Selatan mendapat kuota Bansos Tunai dari Kemensos RI sebanyak 20.830 Kepala Keluarga (KK) yang tersebar di 15 kecamatan. 

Setiap Kepala Keluarga (KK) yang menerima bantuan sebesar Rp 600 ribu per-bulan, bantuan tersebut akan berlangsung selama tiga bulan," katanya.

Dalam penyaluran Bansos kepada masyarakat, Kemensos bekerja sama dengan tiga lembaga yaitu, PT Pos, BRI dan BNI. Untuk saat ini penyaluran baru dilakukan oleh PT. Pos. Dengan demikian penyaluran Bansos kepada 20830 KK tersebut dilakukan oleh ketiga lembaga tersebut. 

Untuk Kecamatan Bayang Utara, PT Pos akan penyaluran Bansos Tunai kepada 516 KK yang tersebar di enam nagari. Selain Bansos Tunai dari Kemensos, Pesisir Selatan juga mendapat  BLT dari Provinsi Sumatera Barat untuk 11.337 KK dan BLT Kabupaten Pesisir Selatan untuk 16.000 KK dan BLT Dana Desa sebanyak 28 ribu Kepala Keluarga (KK).(*)

loading...
Reporter : M. Joni /  Editor : Nova Anggraini

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 05 Oktober 2020 - 19:29:30 WIB

    Mentawai Terima 4 Truk Bansos Beras untuk KPM

    Mentawai Terima 4 Truk Bansos Beras untuk KPM HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai menerima Bantuan Sosial Beras (BSB) 4 truk dari Kementerian Sosial RI yang kemudian akan disalurkan ke Keluarga Penerima Manfaat (KPM) melalui Program Keluarga Harapa.
  • Rabu, 02 September 2020 - 14:57:05 WIB

    Polsek V Koto Padang Pariaman Salurkan Bansos Polri Tahap III

    Polsek V Koto Padang Pariaman Salurkan Bansos Polri Tahap III HARIANHALUAN.COM - Kegiatan penyaluran Bansos Polri tahap III di wilayah hukum Polsek V Koto Kampung Dalam, Kabupaten Padang Pariaman saat ini masih berlangsung..
  • Jumat, 14 Agustus 2020 - 12:05:34 WIB

    Pemda Didesak Serius Tanggapi Keluhan Masyarakat soal Bansos

    Pemda Didesak Serius Tanggapi Keluhan Masyarakat soal Bansos HARIANHALUAN.COM - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meminta pemerintah daerah (pemda) serius menindaklanjuti keluhan masyarakat terkait penyaluran bantuan sosial (bansos) yang disampaikan melalui aplikasi JAGA Bansos..
  • Ahad, 21 Juni 2020 - 22:02:20 WIB

    148 KK di Koto Panjang Agam Terima Bansos Tahap II

    148 KK di Koto Panjang Agam Terima Bansos Tahap II HARIANHALUAN.COM - Sebanyak 148 Kartu Keluarga (KK) di Nagari Koto Panjang, Kecamatan IV Koto, Kabupaten Agam telah menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) dana desa tahap II..
  • Sabtu, 20 Juni 2020 - 11:26:08 WIB

    Sempat Bergejolak Karena Bansos, Masyarakat Batu Basa Kini Bisa Tenang

    Sempat Bergejolak Karena Bansos, Masyarakat Batu Basa Kini Bisa Tenang HARIANHALUAN.COM - Partisipasi tokoh masyarakat Nagari Batu Basa, Kecamatan Pariangan turut serta meredam gejolak masyarakat setempat pasca pembagian bantuan sosial kepada warga terdampak Covid-19 membuahkan hasil..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]