Mensos Berharap Masyarakat Bahagia Sambut Lebaran Dengan Bantuan Sosial Tunai


Sabtu, 16 Mei 2020 - 21:46:36 WIB
Mensos Berharap Masyarakat Bahagia Sambut Lebaran Dengan Bantuan Sosial Tunai Menteri Sosial (Mensos) Juliari P. Batubara menyalurkan secara simbolik bantuan sosial tunai (BST) kepada 253 kepala keluarga (KK) warga Cikampek, Kabupaten Purwakarta

PURWAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Kementerian Sosial ( Kemensos) melalui Menteri Sosial ( Mensos) Juliari P. Batubara menyalurkan secara simbolik bantuan sosial tunai (BST) kepada 253 kepala keluarga (KK) warga Cikampek, Kabupaten Purwakarta. 

Mensos berharap, bantuan tunai tersebut bisa membuat masyarakat bahagia dalam menyambut Idul Fitri. 

"Secara umum beberapa daerah untuk BST sudah selesai untuk Tahap l. Kalau sampai sebelum hari raya Idul Fitri sudah bisa sampai Tahap ll, mudah-mudahan masyarakat bisa lebih berbahagia bersama dengan bansos yang mereka terima, " kata Mensos pada rilis tertulis, Sabtu (16/5/2020). 

Dalam kesempatan itu, Mensos Juliari menyampaikan juga sempat menyampaikan salam dari Presiden Joko Widodo untuk masyarakat Purwakarta, dan secara khusus warga Cikampek.  

"Presiden tidak ingin rakyatnya kelaparan," katanya. 

Presiden, lanjut Juliari, bahkan kerap meminta agar bansos segera dibagikan kepada masyarakat. Apalagi sudah mendekati lebaran. Pada kesempatan yang sama, Mensos meminta masyarakat agar bersikap bijak dalam membelanjakan uang yang mereka terima.  

"Saya minta tolong agar bantuan yang sudah diterima tidak dibelikan rokok ya. Belikan untuk kebutuhan makan atau sembako," katanya. 

Mensos pun berpesan kepada pemerintah daerah (pemda) agar terus meningkatkan kualitas dan validitas data agar bansos semakin tepat sasaran. 

"Mohon disisir dan diteliti sebaik mungkin, agar bansos ini bisa menjaring mereka yang terdampak tapi belum mendapatkan bantuan," kata Mensos.

Ia pun meminta media dan masyarakat untuk tidak mempermasalahkan soal data. Sebab, pemda sampai saat ini terus bekerja keras memperbarui data. 

Jaring pengamanan sosial Dalam berbagai kesempatan, Mensos menyatakan bahwa dalam menangani pandemi Covid-19 terhadap masyarakat miskin dan rentan,  Kemensos menempuh berbagai program jaring pengaman sosial (social safety net). 

"Selain meningkatkan jangkauan dan indeks bantuan untuk bansos reguler,  kami juga menyalurkan bansos khusus yakni bansos sembako Bantuan Presiden dan BST," kata Mensos. 

Untuk diketahui, Kemensos telah mengalokasikan penerima BST di Kabupaten Karawang kepada 50.234 KK.  Adapun untuk seluruh Provinsi Jawa Barat, BST telah menjangkau 1.070.758 KK. 

Kemudian, BST yang disalurkan kepada warga miskin dan rentan terdampak Covid-19 di luar Jabodetabek sebanyak 9 juta KK. Mereka adalah KPM di luar penerima Program Keluarga Harapan (PKH) dan Program Sembako dengan indeks bantuan Rp 600.000 per KK per bulan selama tiga bulan, mulai April, Mei, dan Juni 2020. 

Distribusi bansos sembako pun menjangkau 1,9 juta KK. Di mana untuk DKI Jakarta telah menjangkau 1,3 juta KK, serta Kabupaten Bogor, Kota Tangerang, Tangsel, Depok, dan Bekasi (Bodetabek) telah menjangkau 600.000 KK. (*)

 Sumber : kompas.com /  Editor : Rahma Nurjana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]