Erick Thohir: Masa Pandemi Bank BUMN Restrukturisasi Hampir Rp 120 T


Sabtu, 16 Mei 2020 - 22:07:04 WIB
Erick Thohir: Masa Pandemi Bank BUMN Restrukturisasi Hampir Rp 120 T Menteri BUMN Erick Thohir bertemu Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo

SEMARANG, HARIANHALUAN.COM - Menteri BUMN Erick Thohir bertemu Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo untuk menyerahkan bantuan alat kesehatan. Keduanya juga membahas penanganan dampak pandemi pada UKM.

"Setelah kesehatan dan sosial, saat ini kami sudah mulai fokus pada ekonomi. Sebab, mau tidak mau ekonomi harus disiapkan skenario-skenario untuk bisa bangkit usai covid-19 ini," kata Ganjar saat ditemui Erick di rumah dinasnya, Semarang, Sabtu (16/5/2020).

Ganjar menjelaskan kepada Erick kini sedang menyiapkan skenario APBD 2021 untuk APBD Pertolongan. Anggaran akan digunakan untuk menolonv berbagai sektor salah satunya sektor ekonomi.

"Kami juga sudah bekerjasama dengan sejumlah e-Commerce raksasa nasional untuk keperluan pelatihan dan kerjasama lainnya. Tapi kami masih kesulitan soal permodalan, maka dalam kesempatan baik ini, kami berharap ada perusahaan-perusahaan BUMN yang bisa membantu kami mengembangkan sektor ini," jelas Ganjar

Ganjar juga diharapkan bisa membuka akses Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk membantu industri kecil. Erick Tohir sepakat dengan hal itu menurut ya UKM perlu mendapat perhatian.

"Saya sangat setuju, karena dilihat kondisi hari ini dibandingkan sebelumnya, semuanya terdampak. UKM ini memang menjadi prioritas, karena mayoritas UKM menyerap tenaga kerja cukup besar dibanding koorporasi lainnya. Ini harus diprioritaskan," kata Erick.

Erick menjelaskan, selama masa pandemi ini bank BUMN sudah melakukan restrukturisasi hampir Rp 120 triliun yang di dalamnya termasuk untuk UKM.

"Bank-bank BUMN sudah restrukturisasi hampir Rp 120 triliun untuk UKM dan lain-lain, itu sudah berjalan. Apa sudah cukup?" tegasnya.

"Maka kami sudah rapat dengan Menko dan lainnya untuk membahas banyak hal, termasuk suply chain kesehatan yang kemungkinan dibangun di Jawa Tengah, termasuk pemanfaatan lahan PTPN dan Perhutani untuk kebutuhan pangan," sambung Erick. (*)

 Sumber : detik.com /  Editor : Rahma Nurjana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 26 Mei 2020 - 15:48:16 WIB

    90% BUMN Terdampak COVID-19, Erick: Kita Siapkan Langkah Untuk Perkuat BUMN

    90% BUMN Terdampak COVID-19, Erick: Kita Siapkan Langkah Untuk Perkuat BUMN HARIANHALUAN.COM - Virus Corona atau COVID-19 memberi dampak pada dunia usaha, termasuk BUMN. Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, sebanyak 90% terdampak Corona..
  • Kamis, 21 Mei 2020 - 22:58:34 WIB

    Erick Siapkan Rencana Gabungkan Bulog dengan 2 BUMN

    Erick Siapkan Rencana Gabungkan Bulog dengan 2 BUMN HARIANHALUAN.COM - Menteri BUMN Erick Thohir menyiapkan rencana penggabungan Perum Bulog dengan PTPN dan RNI. Tujuannya untuk melakukan konsolidasi BUMN pangan di tengah masih banyak Indonesia pada ketergantungan impor pangan.
  • Kamis, 14 Mei 2020 - 21:47:34 WIB

    Erick Thohir Rombak Lagi Direksi PLN.

    Erick Thohir Rombak Lagi Direksi PLN. HarianHaluan.com - Menteri BUMN Erick Thohir kembali merombak direksi PT PLN (Persero). Selain merombak direksi, Erick juga melakukan perubahan pada organisasi perusahaan listrik pelat merah itu..
  • Sabtu, 04 April 2020 - 13:12:06 WIB

    DPR Minta Erick Thohir Beri Diskon Listrik ke Pelanggan 1.300 VA

    DPR Minta Erick Thohir Beri Diskon Listrik ke Pelanggan 1.300 VA JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Anggota Komisi VI DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Deddy Yevri Sitorus meminta Menteri BUMN Erick Thohir untuk memperluas keringanan tarif listrik selama masa pandemi corona (covid-19) di Indones.
  • Selasa, 24 Maret 2020 - 15:41:47 WIB

    Erick Thohir Bocorkan 3 BUMN Bakal Merugi Karena Corona

    Erick Thohir Bocorkan 3 BUMN Bakal Merugi Karena Corona JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir membocorkan tiga perusahaan pelat merah yang berpotensi terkena dampak besar oleh penyebaran wabah virus corona belakangan ini. Tiga BUMN terseb.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]