Cara Membuat Kambang Loyang, Kue Legendaris yang Tetap Eksis


Ahad, 17 Mei 2020 - 10:05:36 WIB
Cara Membuat Kambang Loyang, Kue Legendaris yang Tetap Eksis Kambang loyang. Ist

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Selain berbagai kue kering seperti kue nastar, kue putri salju dan kue kastengel yang disajikan saat lebaran tiba. Biasanya makanan lainnya yang harus ada di atas meja adalah kue-kue tradisional dari berbagai daerah.

Satu di antara kue tradisional yang kerap dijadikan sajian saat lebaran tiba adalah kue kembang goyang. Kue yang berbahan dasar tepung beras ini disebut kembang goyang karena bentuknya menyerupai kelopak bunga atau kembang dan proses membuatnya yang digoyang-goyang hingga adonan terlepas dari cetakan.

Nah, sebentar lagi Hari Raya Idul Fitri 1441 H Anda bisa membuatnya di rumah dengan reseo sederhana. Penasaran ? Berikut cara membuatnya.

Bahan utama:

⁃ 300 gr tepung beras
⁃ 100 gr gula halus
⁃ 1 sdm gula pasir
⁃ 2 butir telur
⁃ 1/2 sdt garam
⁃ 1 sdt vanilla essence
⁃ 200 ml santan kental
⁃ 200 ml air kapur sirih (sejumpur kapur sirih dilarutkan dengan air)
⁃ 500 ml minyak untuk menggoreng

Cara membuatnya, langkah pertama siapkan semua bahan kemudian kocok telur dan garam sampai tercampur rata dengan sendok ataupun whisk. Selanjutnya, setelah tercampur tambahkan gula halus dan gula pasir. Aduk kembali sampai merata.

Setelah gula larut, tambahkan santan kental dan air kapur secara bergantian. Lalu aduk sampai merata. Masukkan sedikit demi sedikit tepung beras dan aduk sampai rata hingga menjadi adonan. Anda bisa menambahkan biji wijen ataupun jika suka pedas bisa menambahkan cabai merah giling secukupnya.

Adonan yang sudah siap. Teksturnya memang lebih kental karena menggunakan sedikit air agar lebih renyah. Setelah adonan siap, panaskan cetakan terlebih dahulu. Pastikan cetakan benar-benar terendam minyak panas agar adonan menempel dicetakan kembang goyangnya.

Setelah panas, lalu masukkan cetakan ke dalam adonan. Jangan terlalu penuh agar tidak menutupi seluruh bentuk cetakan dan tidak susah dilepas pada saat digoreng. Goreng adonan sambil digoyang-goyangkan di dalam minyak agar terlepas. Gunakan api sedang agar dapat matang sempurna dan warnanya menjadi cantik. Goreng hingga kecokelatan dan lakukan terus sampai adonan habis.

Tiriskan dan dinginkan. Ketika ditiriskan ada baiknya kue tidak ditumpuk untuk mengurangi kadar minyak. Kue kembang goyang pun siap disajikan. Mudah bukan? Selamat mencoba ya! (*)

Reporter : Merinda Faradianti /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]