Antisipasi Penerimaan Bansos Ganda, Insentif Guru TPQ dan PAUD di Stop


Ahad, 17 Mei 2020 - 13:57:11 WIB
Antisipasi Penerimaan Bansos Ganda, Insentif Guru TPQ dan PAUD di Stop Ilustrasi

PESISIR SELATAN, HARIANHALUAN.COM - Di Kabupaten Pesisir Selatan terdapat sekitar seribu-an guru mengaji TPQ dan PAUD yang terdaftar sebagai penerima BLT Kemensos ataupun BLT Provinsi. Untuk kurun waktu 3 bulan ini bansos tersebut dihentikan sementara, sebab dana yang diambil berasal dari Dana Desa.

Keputusan tersebut diambil guna mencegah agar tidak terjadi penerima ganda bansos di saat pandemi Corona saat sekarang ini. Hal tersebut dikemukakan pada Diskusi Monitoring Komisi I DPRD Provinsi Sumbar dengan Wali Nagari se-Kecamatan Lengayang, Kabupaten Pessel di Kambang.

Dikutip dari Instagram @pessel_info pada Sabtu (17/5) Wakil Ketua Komisi I DPRD Provinsi Sumbar, Evi Yandri Rajo Budiman jika terdapat guru Paud ataupun TPQ yang menerima bantuan program pemerintah tersebut akan berpotensi ganda dan melanggar hukum.

"Dalam ekspos beberapa Wali Nagari terungkap ada guru TPQ yang terdaftar penerima bansos provinsi tapi juga dapat insentif Dana Desa yang jumlahnya sama Rp 600 ribu sebulan. Ini berpotensi ganda, dan harus pilih salah satu bansos saja," katanya.

Penuturan dari Evi juga diperkuat dengan Kadis PMD Sumbar, Syafrizal Ucok yang juga menegaskan bahwa guru TPQ dan Paud telah menerima BLT dari Kemensos ataupun BLT Provinsi sehingga bansos Dana Desa tidak diberikan lagi.

"Jika semua guru TPQ dan Paud menerima bansos di saat pandemi maka alokasi insentif yang ada di Dana Desa bisa dipakai maksimal untuk BLT. Banyak masyarakat yang terbantu tentu ini menyenangkan semua pihak," ungkapnya. (*)

 

Reporter : Merinda Faradianti /  Sumber : Instagram @pessel_info /  Editor : Heldi Satria
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]