Pendemi Covid-19, Masyarakat Diminta Manfaatkan Lahan Pekarangan


Ahad, 17 Mei 2020 - 14:05:13 WIB
Pendemi Covid-19, Masyarakat Diminta Manfaatkan Lahan Pekarangan Pemanfaatan lahan pekarangan untuk tanaman sayur di Kota Sawahlunto. Fadil

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Optimalisasi lahan pekarangan dengan menanam tanaman produktif, menjadi langkah penting yang musti dilakukan masyarakat, dalam menghadapi masa pandemi Covid-19, yang tidak ada kepastian kapan akan berakhir.

Walikota Sawahlunto, Deri Asta secara langsung mengajak seluruh masyarakat, untuk memanfaatkan lahan pekarangan dengan menanam beraneka ragam tanaman produktif.

Langkah itu, menurut Deri Asta, dalam upaya menjaga ketersediaan pangan lokal di tengah masyarakat. Setidaknya untuk memenuhi kebutuhan pangan keluarga di setiap rumah tangga.

“Kita tidak tahu, sampai kapan pandemi ini akan berakhir. Sementara kebutuhan pangan harus terus dipenuhi setiap hari,” ungkap Deri Asta kepada wartawan, akhir pekan ini.

Optimalisasi lahan pekarangan, lanjut Deri Asta, bisa ditanami dengan sayur dan buah. Selain itu juga dapat digandeng dengan peternakan, mulai dari beternak ayam, itik dan hingga budidaya ikan.

“Jika digarap dengan serius, lahan pekarangan malah tidak hanya dapat memenuhi kebutuhan pangan keluarga, namun juga bisa menjadi sumber pendapatan bagi keluarga itu sendiri,” tambahnya. (*)

 

Reporter : Fadil Jayusman /  Editor : Heldi Satria
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]