PSBB, Sejumlah Pasar Tradisional di Pasaman Tetap Ramai 


Ahad, 17 Mei 2020 - 14:57:30 WIB
PSBB, Sejumlah Pasar Tradisional di Pasaman Tetap Ramai  Situasi pasar di Pasaman

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Dalam masa pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tahap kedua untuk wilayah Provinsi Sumatera Barat, terpantau sejumlah titik pasar tradisional di Kabupaten Pasaman, selalu ramai dikunjungi masyarakat yang ingin berbelanja kebutuhan berlebaran Idul Fitri 1441 Hijriyah.

Pantauan HarianHaluan.com di kawasan Pasar Lama Lubuksikaping pada Minggu(17/05), aktifitas berbelanja sangat ramai terlihat khususnya pada los penjual pakaian dan sepatu.

Dikatakan salah seorang warga pengunjung pasar tersebut, Fitri Adriani(40), meskipun masih belum ada kebijakan resmi tentang akan adanya pelonggaran pelaksanaan PSBB di daerah itu pada lebaran nanti, namun ia mengaku tetap mempersiapkan segala kebutuhan berlebaran bagi keluarganya.

"Kami tetap membeli pakaian baru dan perlengkapan shalat untuk dipakai nantinya pada pelaksanaan shalat ied," ujarnya.

Menurutnya, meskipun nanti akan masih diterapkan pelarangan bepergian keluar daerah bagi masyarakat, kegiatan tradisi berkunjung ke rumah sanak family yang berada dalam satu kabupaten akan terus berlangsung.

Ditambah lagi, lanjutnya, kondisi kurva penanganan penyebaran virus Covid-19 di daerah itu sudah menunjukkan tanda-tanda perlambatan.

"Khawatir pasti ada tapi kami berusaha selalu menjalankan seluruh petunjuk dan larangan pemerintah seperti selalu menggunakan masker dan sering-sering mencuci tangan," ungkapnya.

Ia bersama warga lainnya berharap kondisi kegawatan yang ditimbulkan oleh peristiwa penyebaran virus pandemi dunia itu bisa segera berakhir, " janggal rasanya ketika harus melakukan aktifitas diam dirumah, seperti yang sudah berlangsung cukup lama ini," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Polisi Resor (Kapolres) Pasaman, AKBP Hendri Yahya SE, mengimbau kepada seluruh masyarakat yang ingin mengunjungi tempat-tempat keramaian agar selalu meningkatkan kewaspadaan selama berada dalam lokasi tersebut.

"Upayakan selalu menghindari kontak fisik dengan menjaga jarak aman serta tetap menggunakan masker saat berada diluar rumah, disamping selalu mencuci tangan dengan hand sanitizer atau sabun menggunakan air mengalir yang tersedia di pusat pertokoan atau tempat umum lainnya," imbaunya.

Terkait kesiapan petugas kepolisian dalam menjaga kondusifitas serta upaya penekanan risiko penyebaran pada kluster tempat keramaian, pihaknya selalu menyiagakan sejumlah personel pada pos pelayanan Operasi Ketupat Singgalang Covid-19 tahun 2020 yang sebagian titiknya berada di sejumlah pasar tradisional.

"Virus Covid-19 harus dilawan bersama dengan kesadaran tinggi dalam menegakkan disiplin pelaksanaan standar protokol kesehatan yang sudah ditetapkan," tegasnya. (*)

Suasana keramaian pengunjung di Pasar Lama Lubuksikaping pada Minggu (17/05).

Reporter : Rully Firmansyah /  Editor : Heldi Satria

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]