Hujan Lebat Landa Pasaman, BPBD Imbau Masyarakat Tingkatkan Waspada


Ahad, 17 Mei 2020 - 15:05:11 WIB
Hujan Lebat Landa Pasaman, BPBD Imbau Masyarakat Tingkatkan Waspada Ilustrasi

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Cuaca ekstrem disertai hujan cukup deras terpantau terjadi di wilayah Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat sejak Minggu pagi (17/05).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pasaman, Ricky Riswandi, di Lubuksikaping, mengimbau warga agar selalu meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi kebencanaan yang kerap terjadi mengikuti cuaca buruk dengan intensitas hujan tinggi selama lebih dari dua jam.

"Berdasarkan pengalaman sebelumnya, potensi bencana banjir dan tanah bergerak sangat rentan terjadi di beberapa kawasan seperti Kecamatan Bonjol, Panti, Mapat Tunggul Selatan serta beberapa kawasan lain yang dialiri sungai besar serta beberapa titik kawasan dengan tebing cukup curam," ungkapnya.

Ia mengatakan, pihaknya tetap melakukan pemantauan potensi kebencanaan yang mungkin terjadi sewaktu-waktu khususnya pada kawasan-kawasan yang rentan terkena bencana ikutan dari tingginya curah hujan dengan waktu cukup lama.

"Tetap waspada dan jauhi lokasi sungai, jika masyarakat sudah melihat gelagat alam seperti air keruh berbau lumpur atau longsoran kecil pada tebing curam agar segera menjauh demi menghindari terjadinya kerugian lebih besar hingga risiko hanyut atau tertimbun longsor yang dapat menghilangkan nyawa seseorang," imbaunya.

Diberitakan sebelumnya,  Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Minangkabau Padang Pariaman, kembali memprediksi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di Lima wilayah Sumbar, dimulai pukul 14.00 WIB, Minggu (17/5/2020).

Prediksi hujan lebat disertai petir dan kilat tersebut akan terjadi di beberapa wilayah, yakni, Kabupaten Agam, Padang Pariaman, Pariaman, Padang, Kepulauan Mentawai.

Beberapa daerah yang terdampak hujan di Kabupaten Agam, di antaranya, Lubuk Basung, Tanjung Raya, dan IV Koto. Sedangkan di Kepulauan Mentawai sebagian daerah terkena hujan yakni, Sipora, dan Pagai Utara.

"Potensi hujan dapat meluas ke wilayah, Pasaman Barat, Pasaman, Limapuluh Kota, Payakumbuh, Bukittinggi, Padang Panjang, Pesisir Selatan, Kabupaten Solok dan sekitarnya," kata Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Padang Pariaman Yudha Nugraha. (*)

Reporter : Rully Firmansyah /  Editor : Heldi Satria
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]