Bank Nagari Cabang Payakumbuh Kelola BLT Dana Desa untuk Masyarakat yang Terdampak Covid-19


Ahad, 17 Mei 2020 - 15:50:23 WIB
Bank Nagari Cabang Payakumbuh Kelola BLT Dana Desa untuk Masyarakat yang Terdampak Covid-19 Bantuan BLT dari dana desa di Limapuluh Kota, sudah diserahkan secara simbolis oleh Bupati Irfendi, baru baru ini. Bantuan tersebut dikelola Bank Nagari Cabang Payakumbuh.  ZULKIFLI

LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM - Dalam suasana Pandemi Covid 19 pemerintah hadir untuk membantu masyarakat miskin yang terdampak akibat penyebaran Covid 19. Ada bantuan dari Pemerintah Pusat melalui Kemensos, Pemerintah Provinsi dan Pemanfaatan Dana Desa untuk membantu masyarakat melalui program Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD).

Penyaluran BLT DD tersebut dilakukan melalui Bank Nagari Cabang Payakumbuh yang dipimpin Hafid Dauli. “Bank Nagari akan mengantarkan  langsung BLT DD sampai ke warga yang memperoleh bantuan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid 19," ujar Pemimpin Bank Nagari Cabang Payakumbuh Hafid Dauli, kemarin.

Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa/Nagari  (DPMD/N) Limapuluh Kota  A. Zuhdi Perama Putra, ketika diskusi dengan Humas Pemkab  setempat Jumat (15/5) di kantornya menjelaskan, BLT Dana Desa di Lima puluh Kota akan dapat bermanfaat bagi 13.131 Keluarga yang tersebar pada 79 nagari, total dana Rp23,6 miliar," tegas Kadis DPMD yang ramah ini. 

Dikatakan, Kabupaten Limapuluh Kota adalah yang ke 3 di Sumbar merespon cepat penyaluran BLT DD ketika dilaunching Bupati H.Irfendi Arbi dan dihadiri Kadis DPMD/N Provinsi Sumbar Syafrizal Ucok d Halaman Kantor Camat Harau Jumat (8/5) yang lalu. .

Bupati H Irfendi Arbi dalam amanatnya ketika melaunching BLT Dana Desa menjelaskan "BLT Dana Desa sangat bermanfaat bagi masyarakat nagari disamping bantuan sosial lainnya dalam menghadapi Pandemi Covid 19. Negara hadir dalam kondisi yang sangat dibutuhkan warganya," tegas Bupati yang selalu mengkompanyekan protokol kesehatan itu.

“Masyarakat diminta untuk  sabar menunggu proses administrasi yang sesuai aturan dan selalu disiplin melaksanakan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid 19,” tukuk Bupati H.Irfendi Arbi.

Hal itu senada dengan Kadis DPMD Provinsi Sumbar Syafrizal Ucok. Ia memberikan apresiasi untuk Limapuluh Kota yang cepat respon dalam menyalukan BLT Dana Desa. “Dalam penyaluran BLT Dana Desa tidak boleh ada penerima ganda," jelas mantan Wabup Pesisir Selatan ini.

“BLT Dana Desa dapat menjadi penyangga dan pengaman terutama untuk membeli kebutuhan sembako," tukuk Kadis PMDN Provinsi yang selalu bersemangat ini. 

Pada kesempatan launching BLT Dana Desa ini juga dihadiri Anggota Forkompinda dan KorProv P3MD Sumbar Feri Irawan.

Bupati H.Irfendi Arbi secara simbolis menyerahkan BLT Dana Desa kepada perwakilan masyarakat dari Nagari Lubuak Batingkok, Harau untuk 149 KK senilai Rp89.400.000. Masyarakat Nagari Tanjuang Bungo Suliki untuk 27 KK senilai Rp16.200.000.

Pemberian BLT Dana Desa sesuai Surat Mendes, PDT dan Transmigrasi RI Nomor 1261/PRI.OO/IV/2020 tanggal 14 April 2020 dan surat Dirjend Pembangunan, Pemberdayaan Masyarakat Desa Nomor 10/PRI.OO/IV/2020, 21 April 2020 prihal Penegasan Juknis Pendataan Keluarga Calon Penerima BLT Dana Desa. Sesuai regulasi yang ada BLT Dana Desa ditetapkan dengan rumus; Dana desa yang kurang dari Rp800 juta maksimal dianggarkan 25 persen dari dana desa ada 8 nagari.

Apabila dana desa antara Rp800 juta sampai dengan Rp1,2 milar dianggarkan 30 persen untuk BLT Dana Desa, ada 61 Nagari di Lima Puluh Kota dan Dana Desa di atas Rp1,2 miliar, maksimal dianggarkan 35 persen untuk BLT Dana Desa ada 10 Nagari. Bantuan tersebut untuk tiga bulan April, Mei dan Juni 2020 dengan besaran Rp600 ribu/bulan/KK. (*)

Reporter : Zulkifli /  Editor : Heldi Satria
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]