Terkena Penyakit Mirip Infeksi Covid-19, Seekor Gajah Sumatra Mati


Ahad, 17 Mei 2020 - 18:42:17 WIB
Terkena Penyakit Mirip Infeksi Covid-19, Seekor Gajah Sumatra Mati Gajah Sumatra

HARIANHALUAN.COM -- Karena terinfeksi radang pernapasan atau mirip dengan infeksi virus Covid-19, seekor gajah Sumatera (Elephas Maximus Sumatranus) ditemukan mati di Kebun Binatang Kasang Kulim, Kampar, Riau, Rabu (13/5/2020) lalu. BBKSDA Riau pun sudah  menurunkan dokter hewan untuk melakukan pemeriksaan.

"Dari hasil neukropsi terdapat infeksi atau radang saluran pencernaan secara masif dan kronis, kini sudah dikuburkan," kata Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau Suharyono dalam keterangannya, Sabtu (16/5/2020).

Sementara, virus Covid-19 ini sendiri juga sudah banyak menyerang binatang. Sebelumnya, seekor harimau di kebun binatang Bronx, New York City dinyatakan positif mengidap Covid-19. Selain itu, enam ekor harimau dan singa lainnya juga terlihat memiliki gejala serupa dengan harimau yang positif. 

Kemudian, seekor anjing di Hongkong pernah dinyatakan terinfeksi SARS-CoV-2 setelah tertular dari pemiliknya yang juga terpapar virus tersebut.  Seekor kucing di Belgia pun telah dinyatakan positif Covid-19 setelah pemiliknya didiagnosis terkena penyakit yang sama. Hingga saat ini belum terbukti bahwa hewan bisa terinfeksi Covid-19 dan bisa menularkan pada manusia atau sebaliknya.

“Melalui penelitian yang dilakukan pada 3.500 ekor companion animal seperti kucing, anjing, dan kuda yang berasal dari wilayah wabah di Korea Selatan, Amerika Serikat hingga Kanada, sampai saat ini belum ada satupun dari ribuan hewan tersebut yang positif Covid-19. Karena perlu penelitian lebih lanjut," kata drh. Muhamad Jami Ramadhan dikutip sehatq.com. (*)

 Sumber : Haluan Media Group /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 02 Juni 2020 - 07:28:56 WIB

    Akhirnya, Pekerja Terkena Covid-19 Dapat Jaminan Kecelakaan Kerja

    Akhirnya, Pekerja Terkena Covid-19 Dapat Jaminan Kecelakaan Kerja HARIANHALUAN.COM -- Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah telah menerbitkan Surat Edaran Menteri Ketenagakerjaan RI Nomor M/8/HK.04/V/2020 tentang Perlindungan Pekerja/Buruh Dalam Program Jaminan Kecelakaan Kerja Pada Kasus P.
  • Kamis, 23 Januari 2020 - 19:58:06 WIB

    Penting..! Ini Saran Menkes Terawan agar Tak Terkena Virus Corona

    Penting..! Ini Saran Menkes Terawan agar Tak Terkena Virus Corona JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Baru-baru ini heboh soal isu pegawai Huawei di Gedung BRI II yang dikabarkan terkena virus Corona. Meski dipastikan cuma radang tenggorokan, sebagian masyarakat khawatir virus Corona benar-benar ma.
  • Kamis, 13 Oktober 2016 - 01:40:03 WIB

    WHO: Indonesia Paling Rentan Terkena Zika

    JAKARTA, HALUAN—Organisasi Kese­hatan Dunia (WHO) mengeluarkan peri­nga­tan bahwa virus Zika “sangat mung­kin” makin menyebar ke seantero Asia..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]