Dua Tersangka Curas Ditangkap di Sijunjung, Kerumunan Massa Hambat Evakuasi


Ahad, 17 Mei 2020 - 19:14:34 WIB
Dua Tersangka Curas Ditangkap di Sijunjung, Kerumunan Massa Hambat Evakuasi Massa memadati lokasi penangkapan tersangka curas di Kabupaten Sijunjung.

HARIANHALUAN.COM -- Dua orang tersangka pencurian di Jorong Kurnia Kamang, Nagari Kamang, Kecamatan Kamang Baru, Kabupaten Sijunjung berhasil ditangkap anggota Polsek Kamang Baru. Sebelum diamankan petugas, tersangka sempat menjadi bulan-bulanan warga yang merasa geram dengan perbuatan mereka.

Petugas pun sempat mengalami kesulitan untuk mengamankan pelaku dari amukan massa, sehingga sejumlah tokoh masyarakat dan Nagari ikut turun untuk menenangkan massa. Salah seorang tersangka diketahui berinisial DI (18), warga Timpeh 4 yang diamankan oleh warga karena telah meresahkan masyarakat.

Dia dicurigai sebagai tersangka pencurian ternak yang kerap terjadi di daerah tersebut dan babak belur dihajar massa. Saat ini, dia harus menjalani perawatan medis di RSUD Sijunjung. Sedangkan, tersangka lainnya berinisial AW (35) langsung diamankan ke Mapolres Sijunjung.

Informasi yang diperoleh harianhaluan.com, tersangka diamankan warga setelah melakukan perampasan handphone salah seorang warga dan melarikan diri. Warga setempat pun buncah atas adanya kejadian itu dan melakukan pengejaran terhadap pelaku. Akhirnya, tersangka ini bisa diamankan warga dan dibawa ke pos security pembibitan PT Bina Pratama Sakato Jaya pada Sabtu (16/5) sekitar pukul 19.30 WIB.

Karena warga kesal dengan ulah tersangka, massa pun berdatangan dan menumpuk di lokasi penangkapan tersebut untuk melampiaskan emosi kepada pelaku. Namun, sekitar pukul 21.30 WIB, tersangka berhasil diamankan petugas dan tokoh masyarakat setempat hingga dibawa ke Polres Sijunjung.

Tidak lama, rekannya berinisial DI (18) juga berhasil ditangkap oleh warga Jorong Kamang Sejahtera, Nagari Kamang. "Proses evakuasi tersangka sulit dilakukan karena jumlah massa yang semakin ramai, bahkan mencapai ribuan. Sehingga, bantuan personel Dalmas dan mobil anti huru-hara Polres Sijunjung dikerahkan ke lokasi kejadian," tutur Kasubag Humas Iptu Nasrul.

Massa yang emosi terus berdatangan untuk menghakimi tersangka hingga puluhan petugas dan tokoh masyarakat setempat kesulitan mengamankan mereka dan memakan waktu yang cukup lama. Akhirnya, tersangka bisa diselamatkan setelah bantuan anggota polisi yang diturunkan ke lokasi.  "Tersangka sempat mendapat perawatan medis di RSUD Sijunjung dan kemudian diamankan ke Mapolres Sijunjung," jelas Iptu Nasrul Nurdin. (*)

Reporter : Ogi Sunandar /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]