Mobil Dilarang Masuk Pusat Kota Payakumbuh, Efektifkah Antisipasi Covid-19?


Ahad, 17 Mei 2020 - 20:52:46 WIB
Mobil Dilarang Masuk Pusat Kota Payakumbuh, Efektifkah Antisipasi Covid-19? Petugas posko Covid-19 di Payakumbuh.

HARIANHALUAN.COM -- Untuk mencegah penularan virus Corona, sejumlah langkah tegas diterapkan di Payakumbuh. Apalagi sejak diterapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada pekan ke III April lalu. Salah satu langkah tegas, yakni melarang seluruh jenis mobil yang melaju dari Bukittinggi untuk tidak masuk ke pusat Kota Payakumbuh.

Mobil pribadi, mobil umum, truk dan bus tidak diperbolehkan melintas menuju ke pusat Kota Payakumbuh. Gerbang masuk ke pusat kota, terpaksa di kunci rapat dengan didirikan Posko Penanggulangan Covid milik Pemko Payakumbuh. Seluruh kendaraan dari arah Bukittinggi, sesampai Posko Covid, Kecamatan Payakumbuh Barat akan dialihkan menuju jalan By Pass ke lingkar utara. 

Jauh-jauh hari, Walikota Payakumbuh Riza Falepi menegaskan, menerapkan kebijakan dengan mempersempit pergerakan orang untuk masuk ke Kota Payakumbuh. "Jalur Bukittinggi–Pekanbaru hanya satu jalur, yaitu jalan lingkar luar utara dan lingkar selatan saja. Kendaraan dari luar, tidak diizinkan masuk kota," tegas Riza Falepi.

Untuk mengalihkan arus lalulintas, posko yang berada jalan By Pass Lingkar Utara, Koto Nan Ampek tersebut dijaga ketat petugas gabungan. TNI, Polri, Dishub, Satpo PP, petugas medis termasuk sejumlah organisasi kemasyarakatan saling berjaga di posko dari pagi hingga malam hari. 

Sementara itu, untuk jumlah kasus positif Covid-19 di Payakumbuh kembali bertambah menjadi 13 orang. Terdapat penambahan dua kasus positif Covid-19. Dua kasus baru tersebut merupakan laki-laki yang diduga berasal dari klaster pasien positif pertama. Jadi, seberapa efektifkah pelarangan kendaraan masuk ke Payakumbuh? (*)

Reporter : Dadang Esmana /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]