Bukti Peduli, Hampir Semua Puskesmas di Agam Dikunjungi Indra Catri


Ahad, 17 Mei 2020 - 20:56:53 WIB
Bukti Peduli, Hampir Semua Puskesmas di Agam Dikunjungi Indra Catri Bupati Indra Catri mengunjungi salah satu Puskesmas di Agam.

HARIANHALUAN.COM -- Bupati Agam Indra Catri sepertinya tidak bosan-bosan mengunjungi semua puskesmas di Kabupaten Agam terkait persiapan dan kesiapan tenaga kesehatan atau medis dalam menghadapi pandemi Covid-19. Menilik beberapa hari belakang, sudah hampir seluruh puskesmas di Agam dikunjungi oleh Indra Catri untuk memastikan kesiapan tenaga medis dalam menghadapi pasien terpapar Corona itu.

Dikutip dari Agam Media Center, Bupati Agam yang didampingi beberapa pimpinan OPD kembali mengunjungi beberapa Puskesmas yakni, Puskesmas Lubuk Basung, Puskesmas Batu Kambing, Puskesmas Balai Ahad dan Puskesmas Lasi. Indra Catri menyebutkan, Agam berbeda dengan daerah lain. 

Mungkin daerah lain Puskesmas dan rumah sakit sebagai front terdepan dalam mengatasi Covid-19, tetapi di Agam justru menjadi benteng terakhir. Hal ini karena telah diterapkannya berbagai langkah untuk mencegah penyebaran Covid-19 di lapangan. Langkah yang dimaksud adalah, telah diterapkannya social dan physical distancing mulai dari kecamatan, nagari hingga jorong.

“Implementasi social dan physical distancing ini dengan cara tidak pergi ke pasar bila tidak terlalu penting, jagak jarak, hindari kerumunan dan lainnya,” katanya, Jumat (15/5/2020) lalu.

Bila hal ini sudah dilaksanakan dan masih terpapar, perlu dilakukan tracing and swab, seperti yang dilakukan terhadap beberapa warga Agam yang terpapar Covid-19 beberapa hari lalu. Kemudian dilakukan test pool dan terakhir baru di bawa ke Puskesmas atau rumah sakit. Itu pun pasien tidak boleh melebihi 30 menit di Puskesmas. 

Semakin lama di Puskesmas, semakin besar kemungkinan dia memaparkan. “Maka untuk memperkuat puskesmas dan rumah sakit dalam menghadapi ini, perlu kelengkapan APD bagi tenaga medis. Karena tidak tertutup kemungkinan tenaga medis juga ikut terpapar Covid-19,” katanya.

Beberapa puskesmas yang kembali dikunjungi diserahkan APD berupa baju hazmat 30, hand sanitizer 25 botol, rapid test 20, shower cup 100 dan handscoon 20. Puskesmas Batu Kambing baju hazmat 50, hand sanitizer 25 botol, rapid test 20, shower cup 100 dan handscoon 30. Puskesmas Balai Ahad baju hazmat 30, hand sanitizer 25 botol, rapid test 20, shower cup 100 dan handscoon 30. Puskesmas Lasi baju hazmat 30, hand sanitizer 4 botol, rapid test 20 dan shower cup 100. (*)

Reporter : Metria Indeswara /  Sumber : Agam Media Center /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 01 Februari 2017 - 21:42:18 WIB

    Kejaksaan Negeri Batusangkar Musnahkan Barang Bukti Narkoba

    Kejaksaan Negeri Batusangkar Musnahkan Barang Bukti Narkoba TANAH DATAR, HALUAN - Kejaksaan Negeri Batusangkar melakukan pemusnahan barang bukti Narkoba di halaman Kantor Kejari, Rabu (1/2). Pemusnahan barang bukti terdiri dari sabu-sabu dan ganja kering tersebut berasal dari 29 kasu.
  • Senin, 17 Oktober 2016 - 20:19:53 WIB

    Ingin Buktikan Bersih Narkoba, 29 Anggota DPRD Sijunjung Tes Urine, Hasilnya...

    Ingin Buktikan Bersih Narkoba,  29 Anggota DPRD Sijunjung Tes Urine, Hasilnya... SIJUNJUNG,HALUAN-- Demi membuktikan anggota DPRD Kabupaten Sijunjung bersih dan juga siap memerangi narkoba, Sekretariat Dewan bekerjasama dengan BNK Sawahlunto melaksanakan tes urin, Senin (17/10). .
  • Senin, 18 Januari 2016 - 04:42:24 WIB
    David S Richardson.

    Amerika Peranakan Buktikan Jago Bahasa Indonesia

    Amerika Peranakan Buktikan Jago Bahasa Indonesia David S Richardson merupakan siswa SMAN 1 Solok Se­latan (Solsel) yang berhasil berjaya men­g­harum­kan nama sekolah serta nama daerah kaya sumber daya alam itu. Remaja blesteran Amerika-Indonesia ini per­nah membawa Sol.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]