4 Hal yang Masih Diperdebatkan Membatalkan Puasa


Senin, 18 Mei 2020 - 07:01:23 WIB
4 Hal yang Masih Diperdebatkan Membatalkan Puasa Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Di bulan suci Ramadan, seluruh masyarakat Muslim dunia menjalankan amalan berpuasa. Ramadan dianggap sebagai momen yang sempurna untuk berlomba-lomba meningkatkan takwa dan amal baik.

Namun, bagi sebagian orang yang menjalankan puasa Ramadan masih memiliki konsep abu-abu mengenai hal-hal yang membatalkan puasa.

Ulama besar Islamic Affairs and Charitable Activities Department asal Dubai Dr Ali Ahmad Mashael mengatakan perlu mengklarifikasi beberapa hal yang boleh dan dilarang selama puasa, sekaligus dan mitos umum yang beredar akibat kurangnya pengetahuan.

"Para cendekiawan Muslim sepakat bahwa apa pun yang dengan sengaja masuk ke dalam tubuh sudah tentu membatalkan puasa, sekalipun jika itu merupakan bagian dari prosedur atau terapi pengobatan. Inilah yang perlu dipahami dan diwaspadai oleh setiap Muslim selama bulan Ramadan," ujarnya, dilansir dari GulfNews.

Namun ada 4 hal yang membatalkan puasa yang masih menjadi perdebatan di kalangan ulama, antara lain:

1. Menyikat gigi dan berkumur

Ada anjuran bahwa siwak lebih disukai dan disarankan digunakan selama jam puasa untuk membersihkan gigi dan menghilangkan bau mulut ketimbang sikat gigi biasa.

Menyikat gigi menggunakan pasta gigi dikhawatirkan bisa membatalkan puasa karena pasta gigi dan air kumur bisa mencapai tenggorokan.

2. Bekam dan donor darah

Bekam merupakan hal kontroversial di antara para ulama. Mengutip AboutIslam, ada kelompok yang menganggapnya bisa membatalkan puasa, sementara yang lain tidak berpikir demikian. Perbedaan pendapat disebabkan oleh laporan yang mennyebut bahwa Nabi Muhammad SAW pernah melakukan bekam saat puasa.

Sementara ada hadis Ibnu Abbas (ditemukan di Sahih al-Bukhari) dan rekomendasi dari para ulama lain yang menunjukkan bahwa bekam tidak membatalkan puasa seseorang. Aturan yang sama berlaku untuk mendonorkan darah saat puasa, karena baik bekam maupun donor darah bisa mengakibatkan tubuh menjadi lemah bahkan pingsan.

3. Menuangkan obat tetes mata, telinga, dan semprotan hidung

Obat tetes berupa cairan yang masuk ke dalam telinga kemungkinan besar akan membatalkan puasa karena merupakan saluran terbuka yang dapat mencapai perut.

Semprotan hidung juga dianggap dapat membatalkan puasa jika mencapai perut, sehingga daripada mengambil risiko, lebih baik tidak melakukannya. Pun dengan obat tetes mata.

Para ulama memiliki perbedaan pendapat dalam hal ini. Jadi lebih baik orang yang berpuasa menahan untuk tidak menggunakannya selama berpuasa kecuali dalam kondisi yang sangat terdesak.

4. Menggunakan lipstik

Mengaplikasikan pewarna bibir seperti lipstik tidak disarankan digunakan ketika berpuasa. Dalam banyak kasus, lipstik mengandung perasa tambahan seperti rasa manis atau rasa buah yang dapat mencapai lidah dan tenggorokan apabila lidahnya menyentuh bibir.(*)

 Sumber : cnnindonesia /  Editor : Nova Anggraini
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 29 Mei 2020 - 08:57:31 WIB

    4 Pekerjaan Online yang Bisa Menghasilkan Gaji Puluhan Juta, Berminat?

    4 Pekerjaan Online yang Bisa Menghasilkan Gaji Puluhan Juta, Berminat? HARIANHALUAN.COM -- Saat ini, amat jelas terlihat perkembangan teknologi telah menjadikan hidup manusia menjadi jauh lebih mudah. Berbagai aktivitas, mulai dari mencari informasi, melakukan transaksi, hingga cari nafkah pun d.
  • Jumat, 29 Mei 2020 - 07:31:44 WIB

    4 Kebiasaan Buruk di Kamar Mandi yang Sebaiknya Dihilangkan

    4 Kebiasaan Buruk di Kamar Mandi yang Sebaiknya Dihilangkan HARIANHALUAN.COM -- Kamar mandi merupakan salah satu tempat paling kotor di rumah. Untuk itu, menjaga kebersihannya secara teratur sangatlah penting. Apalagi di masa pandemi COVID-19 seperti sekarang ini, di mana kuman dan v.
  • Kamis, 14 Mei 2020 - 13:52:31 WIB

    4 Tips Aman Belanja Online saat Corona, Cek di Sini

    4 Tips Aman Belanja Online saat Corona, Cek di Sini HarianHaluan.com - Pandemi corona dan kebijakan physical distancing membuat banyak orang beralih profesi menjadi penjual online dan membuka toko online. Ditambah pemain lama, praktis persaingan jualan online semakin ketat. .
  • Selasa, 12 Mei 2020 - 15:27:41 WIB

    Ingin Turun Berat Badan Sampai 45 Kilogram? Intip 3 Cara Diet Adele

    Ingin Turun Berat Badan Sampai 45 Kilogram? Intip 3 Cara Diet Adele dele menunjukkan perubahan drastis ketika ulang tahunnya yang ke-32. Dia muncul dengan mini dress body contour yang memperlihatkan bentuk tubuh langsing dan juga wajahnya yang tirus..
  • Ahad, 10 Mei 2020 - 10:12:03 WIB

    4 Tips Wisata Belanja di Makkah

    4 Tips Wisata Belanja di Makkah Bisa beribadah sembari wisata sejarah dan religi di Makkah alias Mekah, Arab Saudi, merupakan impian setiap umat muslim di dunia..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]