Ini Aplikasi untuk Tes Corona Covid-19 Secara Mandiri


Senin, 18 Mei 2020 - 07:33:48 WIB
Ini Aplikasi untuk Tes Corona Covid-19 Secara Mandiri Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Perusahaan teknologi dari Yogyakarta, Gamatechno, mengembangkan sebuah aplikasi untuk melakukan penilaian mandiri dan pengawasan kolektif Corona Covid-19. Aplikasi bernama Cared+ memungkinkan orang melakukan penilaian secara mandiri terkait indikasi Corona Covid-19. Dengan aplikasi ini perangkat kewilayahan juga bisa mengawasi warganya.

Bagi koordinator wilayah yang ingin mengawasi kondisi warganya cukup mendaftar melalui laman caredplus.id. Lalu, mengisi data dan membuat kode klaster yang akan mengelompokkan warga dalam klaster tertentu. Misal kluster warga RT 01, kelurahan, atau bahkan kelompok yang lebih besar lagi.

Kode klaster ini akan digunakan seluruh anggota warga melalui aplikasi Cared+ yang diunduh di perangkat masing-masing.

Sementara, bagi warga yang ingin melakukan penilaian mandiri melalui aplikasi ini bisa dengan self screening atau pengecekan mandiri terakit gejala Corona Covid-19. Pengguna bisa mengisi kuesioner yang ada di dalamnya.

Aplikasi akan menunjukan indikasi gejala, mulai ringan, sedang, berat, sesuai dengan kondisi pengguna saat itu dan memberikan rekomendasi tindakan yang harus dilakukan. Metode self screening yang digunakan aplikasi ini sesuai dengan pedoman yang diterbitkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Selain self screening, terdapat pula fitur self assessment yang akan menunjukan tingkat risiko terpapar dari pola aktivitas penggunanya. Pengguna dapat melihat sebaran status kondisi kesehatan masyarakat pada radius tertentu melalui peta persebaran yang tersedia.

“Dengan begitu seluruh warga dapat dengan mudah monitor oleh perangkat desa terkait, sehingga penanganan dapat dilakukan secara tepat dan cepat terkait kondisi warganya,” ujar Muhammad Aditya, CEO Gamatechno, Minggu (17/5/2020).

Ia menuturkan partisipasi aktif setiap warga dan inisiatif perangkat desa untuk menyosialiasikan aplikasi ini menjadi salah satu cara mencegah penyebaran Corona Covid-19.(*)

 Sumber : liputan6 /  Editor : Nova Anggraini

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 27 Mei 2020 - 21:58:48 WIB

    Ini Dia Cara Cepat Dapat Uang dari TikTok

    Ini Dia Cara Cepat Dapat Uang dari TikTok HARIANHALUAN.COM - TikTok menjadi salah satu platform berbagi video, yang sedang digemari di Indonesia. Aplikasi ini banyak disukai, karena isi konten cenderung unik dan menghibur..
  • Senin, 25 Mei 2020 - 09:11:08 WIB

    Kini Video Call di Instagram Bisa 50 Orang Sekaligus, Begini Caranya

    Kini Video Call di Instagram Bisa 50 Orang Sekaligus, Begini Caranya HARIANHALUAN.COM -- Instagram kini sudah bisa video call 50 orang. Ini karena aplikasi berbagi foto milik Facebook ini sudah terintegrasi dengan Messenger Rooms. Bagi yang ingin tahu ini caranya video call via Instagram denga.
  • Ahad, 24 Mei 2020 - 18:05:30 WIB

    Wah! WhatsApp Punya Fitur Baru Lagi, Ini Cara Menggunakannya

    Wah! WhatsApp Punya Fitur Baru Lagi, Ini Cara Menggunakannya TEKNO, HARIANHALUAN.COM -- Layanan pesan instan WhatsApp menambahkan fitur pembagian kontak lewat kode QR. Pengguna bisa bertukar kontak WhatsApp dengan seseorang secara langsung dengan membagikan kode QR. WhatsApp sudah meng.
  • Sabtu, 23 Mei 2020 - 20:43:25 WIB

    Merajalela! Ini 50 Aplikasi Pinjaman Online Ilegal Berkedok Koperasi    

    Merajalela! Ini 50 Aplikasi Pinjaman Online Ilegal Berkedok Koperasi     HARIANHALUAN.COM -- Satgas Waspada Investasi menemukan 50 aplikasi Koperasi Simpan Pinjam (KSP) yang melakukan penawaran pinjaman online ilegal atau fintech ilegal. Bersama dengan Kementerian Koperasi, Satgas Waspada Investa.
  • Sabtu, 23 Mei 2020 - 14:36:09 WIB

    Begini Cara Video Call Instagram Sampai 50 Orang

    Begini Cara Video Call Instagram Sampai 50 Orang HARIANHALUAN.COM - Instagram saat ini bisa melakukan panggilan video bersama 50 orang sekaligus. Panggilan video ini terintegrasi dengan platform panggilan video milik Facebook, yaitu Messenger Rooms..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]