Lebaran Tak Lengkap Tanpa Kacang Tojin yang Gurih


Senin, 18 Mei 2020 - 09:29:20 WIB
Lebaran Tak Lengkap Tanpa Kacang Tojin yang Gurih Kacang tojin, kacang goreng untuk camilan saat Lebaran.

HARIANHALUAN.COM - Kacang tojin merupakan salah satu camilan yang harus ada saat Lebaran. Salah satu varian cemilan kacang goreng itu disebut-sebut berasal dari Kota Jam Gadang Bukittinggi. Uniknya, yang membedakannya dengan kacang goreng lainnya adalah adanya tambahan irisan daun seledri yang memberikan rasa lebih gurih dan aroma yang lebih harum.

Sekarang sangat mudah menemui kacang tojin di supermarket ataupun pasar di seluruh Indonesia, terutama saat hendak Lebaran atau hari raya lainnya. Tapi bukankah lebih baik mencoba memasak kacang tojin sendiri di rumah? Yuk, siapkan bahan-bahan berikut.

Bahan utama: 

    ⁃    250 gram kacang tanah yang sudah dikupas
    ⁃    4 siung bawang putih (2 dihaluskan 2 diiris tipis)
    ⁃    4 tangkai daun seledri (iris tipis-tipis)
    ⁃    Air panas secukupnya untuk merendam
    ⁃    Minyak goreng seperlunya

Cara membuatnya, rendam kacang tanah yang sudah dikupas dengan air mendidih, masukan bawang putih, garam halus aduk sampai merata. Diamkan selama 30 menit agar bumbu lebih meresap. Angkat dan tiriskan. Panaskan minyak dalam wajan sampai benar-benar panas lalu atur kompor ke api sedang atau kecil. Masukkan kacang tanah ke dalam minyak, sesekali aduk-aduk agar matang merata. 

Saat kacang terlihat keemasan, masukkan irisan bawang putih dan daun selendri. Aduk-aduk sebentar agar tercampur lalu angkat dan tiriskan. Taruh kacang tojin goreng ini di atas kertas penyerap minyak. Saat ini mungkin si kacang masih terlihat lembek tapi tidak perlu khawatir, proses pematangan masih berlangsung. Diamkan sebenar sampai kacang benar-benar kering.

Tipsnya agar hasil akhir kacang tojil benar-benar gurih, renyah dan matang merata pilihlah kacang berkualitas baik, terlihat dari bentuknya masih cantik belum kisut. Kalau ada 1 atau 2 biji yang kisut maka segera buang, yang ini rasanya pahit saat digigit.

Gunakan minyak goreng baru, pastikan kacang terendam dalam minyak. Sebaiknya minyak hanya untuk beberapa kali goreng agar kacang tidak mudah tengik. Goreng dengan menggunakan api kecil, proses memang lebih lama tapi hasilnya lebih baik. Kalau ingin menambah aroma bisa menambahkan sedikit irisan daun jeruk. Agar lebih gurih bisa mengganti air panas perendaman dengan santan cair. Selamat mencoba! (*)

Reporter : Merinda Faradianti /  Editor : Nova Anggraini
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]