Bikin Arai Pinang Yuk, Kue Kering Khas Minang untuk Lebaran


Senin, 18 Mei 2020 - 10:07:03 WIB
Bikin Arai Pinang Yuk, Kue Kering Khas Minang untuk Lebaran Arai pinang, kue kering khas Minang.

HARIANHALUAN.COM - Bentuknya yang unik mungkin mengingatkan Anda pada bentuk keripik kentang yang populer di Indonesia. Namun ini berbeda, arai pinang terbuat dari tepung beras, garam, serta kapur sirih yang kemudian dicetak dengan arai (bunga) pinang atau garpu. Sebelum digoreng, arai pinang dibaluri minyak kelapa untuk menambah aroma gurihnya.

Rasanya yang gurih, renyah, serta beraroma minyak kelapa, membuat orang yang mencicipinya menjadi ketagihan. Bagaimana cara membuatnya? Siapkan bahan-bahan berikut:

Bahan utama:
    ⁃    250 gram tepung beras
    ⁃    350 ml santan dari 1/2 butir kelapa
    ⁃    1/2 sendok teh garam
    ⁃    1 sendok teh air kapur sirih
    ⁃    minyak untuk menggoreng

Cara membuatnya, sangrai tepung beras sampai kering kurang lebih selama 10 menit. Kemudian, didihkan santan, garam, air dan air kapur sirih. Tuang ke tepung beras sedikit-sedikit sambil diaduk rata dan kalis. Bulatkan sebesar kelereng masing-masing 5 gram, kemudian pipihkan.

Setelah itu, siapkan minyak dan goreng dalam minyak panas dengan api sedang sampai kering. Anda juga bisa menambahkan kuah sausnya yang terbuat dari gula merah. Caranya, rebus gula merah dan air sampai mendidih, lalu di saring. Kemudian Rebus lagi sampai kental dan yang terakhir celup arai pinang, aduk lalu sajikan. Selamat mencoba! (*)

Reporter : Merinda Faradianti /  Editor : Nova Anggraini

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]