Meski Pandemi Covid-19, Budidaya Tanaman Pangan Pokok Tetap Jalan


Senin, 18 Mei 2020 - 12:38:30 WIB
Meski Pandemi Covid-19, Budidaya Tanaman Pangan Pokok Tetap Jalan Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Pesisir Selatan, Ir. Nuzirwan, MT

HARIANHALUAN.COM -- Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Pesisir Selatan, Ir. Nuzirwan, MT, mengatakan padi adalah tanaman pangan pokok masyarakat yang budidaya dan produksinya harus menjadi komitmen semua stakeholder agar bisa terpenuhi dan berdaulat. 

Untuk itu katanya, Menteri Pertanian Republik Indonesia, Syahrul Yasin Limpo selalu menekankan bahwa pangan pokok itu harus tersedia dan berdaulat, terutama untuk menghadapi kondisi pandemi Covid-19 ini.

Selain itu ia juga menyampaikan, dalam menghadapi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Tahap II, diimbau kepada petani, kelompok tani dan gabungan kelompok tani agar tetap mentaati ketentuan yang berlaku. 

Jaga jarak (physical distancing), aktivitas di rumah (stay at home), gunakan masker dalam aktivitas di luar rumah dan jaga kebersihan diri dan lingkungan. 

"Mudah-mudahan kita sukses mendukung putusnya mata rantai pandemi Covid-19 di Kabupaten Pesisir Selatan, dan kita bisa kembali beraktivitas seperti biasa," katanya dikutip dari website resmi Pemkab Pessel, Senin (18/5).

Ia mengucapkan terima kasih kepada petani, kelompok tani dan gabungan kelompok tani serta motivasi dan bimbingan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) bersama Koordinator BPP/BPK atas kinerjanya.

Di mana, sampai saat ini hampir diseluruh wilayah Kabupaten Pesisir Selatan aktivitas budidaya tanaman pangan pokok dan hortikultura terlaksana dengan baik. 

Produksi dan produktivitas gabah Pesisir Selatan naik cukup tinggi. Mudah-mudahan ini berkorelasi positif dengan peningkatan pendapatan petani.
Selanjutnya, mewakili petani, kelompok tani dan gabungan kelompok tani, Nuzirwan mengucapkan terima kasih kepada Bupati H. Hendrajoni, SH. MH atas dukungannya untuk pembangunan tanaman pangan, hortikultura dan perkebunan melalui APBD Kabupaten Pesisir Selatan.

Kemudian dukungan dari APBD Provinsi Sumatera Barat dan APBN. Walaupun saat ini dilakukan refocusing anggaran, jalannya sektor ini selalu jadi perhatian  bupati agar pangan pokok masyarakat tersedia.

"Mengingat beberapa hari lagi akan memasuki hari raya Idul Fitri, maka diminta kepada petani merayakan hari kemenangan itu secara sederhana, dan selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT. Lalu berdoa agar Covid-19 segera berlalu," harapnya. (*)

Reporter : Merinda Faradianti /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]