Kabar Baik! Tiga Cluster Utama Penyebaran Covid-19 di Agam Tuntas


Senin, 18 Mei 2020 - 13:11:37 WIB
Kabar Baik! Tiga Cluster Utama Penyebaran Covid-19 di Agam Tuntas Bupati Agam, Indra Catri. Ist

HARIANHALUAN.COM -- Di Kabupaten Agam sebanyak 365 orang yang terkontak langsung dengan tiga cluster utama positif Covid-19 telah berhasil dituntaskan melalui tracing pada enam Kecamatan di Agam, di antaranya, Baso, Kamang Magek, Tilatang Kamang, IV Angkek, Canduang, dan Lubuk Basung.

Seluruh sampel swab hasil tracing sudah diperiksa di laboratorium Unand Padang. Terhadap mereka yang masih menunggu hasil swab diberlakukan isolasi baik secara mandiri maupun di tempatkan di BPSDM Baso.

Ketiga Cluster utama tersebut terdiri dari: Cluster “J” sebanyak 13 orang : 1 orang dinyatakan positif dan 12 orang dinyatakan negatif. Kemudian Cluster “AG” sebanyak 168 orang : 8 orang dinyatakan positif dan 156 dinyatakan negatif. Terakhir, Cluster “WN” sebanyak 184 orang : 2 orang dinyatakan positif dan 182 dinyatakan negatif.

Dikutip dari Agam Media Center, selain tiga cluster diatas, terdapat dua orang OTG positif lainnya yaitu “RI” Pelaku perjalanan dari Jakarta dan “RD” Karyawan RSAM Bukittinggi. "Total OTG/ODP Positif di Kabupaten Agam sampai saat ini tercatat sebanyak 17 Orang.

"Dua orang sudah sembuh atau dinyatakan negatif dan sudah dibolehkan pulang kerumahnya. Selebihnya 2 orang di isolasi di RSAM Bukittinggi dan 13 orang diisolasi di BPSDM Padang Besi, Kota Padang," tutur Bupati Agam, Indra Catri, Senin (18/5/2020).

Dalam rapat evaluasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Agam yang dipimpin langsung oleh Bupati Agam selaku Ketua Gugus Pelaksana, pada Minggu malam 17 Mei terungkap, betapa pentingnya kesiapsiagaan seluruh unsur pendukung pelaksanaan tugas penanganan Covid-19 di Agam.

Walaupun merasa sudah siap namun begitu dihadapkan dengan kejadian yang sesungguhnya tetap saja ada yang dirasakan kurang. Dari pengalaman tersebut Indra Catri menekankan kepada seluruh anggota Gugus Tugas agar selalu berkoordinasi dengan seluruh pihak terkait dan memastikan sarana pendukung kerja dilapangan tersedia dengan cukup.

“Untuk itu, saya akan terus mencek serta melakukan uji coba kesiapan petugas di lapangan “ tukasnya.

Perhatian lebih, nampaknya perlu diberikan kepada petugas kesehatan agar bisa bekerja sesuai protap agar tidak terpapar pada saat menangani pasien yang terpapar. "Kita sangat risau melihat fakta banyaknya Petugas Kesehatan Puskesmas yang terpapar positif dalam melaksanakan tugasnya," sebut Indra Catri.

Indra Catri menyampaikan rasa syukur atas kesembuhan “ JN dan AG” sekaligus mengucapkan selamat dan berharap agar pengalaman yang didapat disampaikan kepada seluruh anak kemenakan, sanak keluarga, dan handai tolan lainnya. Apalagi hari raya semakin dekat, dikhawatirkan kemungkinan terjadinya Transmisi Lokal akan semakin tinggi.

Indra Catri menghimbau, Marilah kita rayakan Lebaran Tahun ini sambil berdo’a kepada Allah SWT, agar bencana Covid-19 ini cepat berakhir. Mari kita saling menahan diri: “Nan sakali kini ba hari rayo tanpa jalang manjalang, cukup di rumah sajo, jan lupo pakai masker. (*)

Reporter : Metria Indeswara /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]