Ingin Dapat Bantuan Bedah Rumah dari Baznas Padang Pariaman? Ini Caranya


Senin, 18 Mei 2020 - 13:30:56 WIB
Ingin Dapat Bantuan Bedah Rumah dari Baznas Padang Pariaman? Ini Caranya Ketua Baznas Syamsuardi Syurma. Foto: Trisnaldi

HARIANHALUAN.COM -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Padang Pariaman mengalokasikan dana bedah rumah keluarga miskin sebanyak 2 (dua) unit per kecamatan pertahunnya.

"Setiap tahunya bedah rumah dilakukan rata-rata 40 unit rumah," kata Ketua Baznas Syamsuardi Syurma, Senin (18/5/2020).

Dia mempersilahkan masyarakat Padang Pariaman mengajukan permohonan kepada Baznas untuk rehab rumah, tentu setelah mendapatkan rekomendasi dari Wali Nagari dan Camat setempat.

"Masyarakat yang sangat membutuhkan tetap menjadi prioritas utama," kata dia.

Disamping itu Baznas Padang Pariaman sudah menyampaikan kepada Dinas Sosial untuk pendataan calon rumah yang akan dibedah etapi hingga kini belum ada datanya, meski sudah terjadi pergantian pimpinan di dinas tersebut.

Disebutkan Syamsuardi, Baznas akan memfasilitasi keluhan-keluhan masyarakat dengan beberapa alternatif. Misalnya jika 2 kuota per kecamatan sudah terpenuhi, maka akan ada kuota tambahan. Nominal untuk masing-masing program ini berkisar antara Rp10 juta sampai Rp15 juta.

"Jika sudah terpenuhi kuota itu, kita juga akan ajukan ke Baznas propinsi dan Baznas pusat. Atau ada bantuan usaha dan juga bantuan lepas menjelang mendapatkan bantuan bedah rumah di tahun berikutnya," ujarnya.

Dia mengharapkan juga pemerintahan nagari memfasilitasi kelengkapan administrasi warganya yang berpotensi untuk mendeapatkan bantuan dari Baz. Bila tak memiliki kartu keluarga (KK) bisa diganti dengan surat keterangan domisili.

“Kita tekadkan, ke depan tak ada lagi masyarakat Paadang Pariaman yang tinggal di rumah tidak layak huni,” kata Syamsuardi. (*)

Reporter : Trisnaldi /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 11 Februari 2020 - 23:05:22 WIB

    Datang ke SMAN 1 Sutera, Anggota DPR Ini Ingin Pelajar Jadi Generasi Beradab

    Datang ke SMAN 1 Sutera, Anggota DPR Ini Ingin Pelajar Jadi Generasi Beradab PAINAN, HARIANHALUAN.COM -- Anggota DPR RI Lisda Hendrajoni, berkunjung ke SMAN 1 Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan, dalam rangka Sosialisasi Konsensus Kebangsaan, Pancasila, UUD RI 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, Senin .
  • Selasa, 14 Januari 2020 - 20:00:19 WIB

    Tebing Longsor di Sungai Batang Lampasi, Pohon Beringin Ikut Tumbang

    Tebing Longsor di Sungai Batang Lampasi, Pohon Beringin Ikut Tumbang PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM -- Hujan yang masih terjadi di Limapuluh Kota menyebabkan tebing Sungai Batang Lampasi di wilayah Koto Baru Simalanggang, Kecamatan Payakumbuh, Kabupaten Limapuluh Kota mengalami longsor akibat ba.
  • Senin, 30 Juli 2018 - 17:22:35 WIB

    Payakumbuh Ingin Seperti Singapura

    Payakumbuh Ingin Seperti Singapura PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM - Kota Payakumbuh terus berbenah dalam membenahi masalah sampah. Pemko terus juga berupaya untuk menegakkan Perda Nomor 4 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Sampah. Dimulai dari tahapan sosialisasi, e.
  • Rabu, 18 Juli 2018 - 10:43:33 WIB

    Pemkab Padang Pariaman Ingin Tertibkan Orgen Tunggal

    Pemkab Padang Pariaman Ingin Tertibkan Orgen Tunggal PADANG PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM—Pemkab Padang Pariaman akan menertibkan orgen tunggal dengan mengeluarkan Peraturan Daerah (Perda) tentang Penertiban Hiburan Orgen Tunggal. Hal itu disampaikan oleh Wakil Bupati Padang Par.
  • Rabu, 27 September 2017 - 18:13:11 WIB

    BPN Agam Adakan Layanan Sitawa Sidingin

    BPN Agam Adakan Layanan Sitawa Sidingin AGAM, HARIANHALUAN.COM- Kantor Badan Pertanahan Kabupaten Agam, mengadakan layanan sitawa  Sidingin, bagi tanah wakaf, yang diperuntukan bagi masyarakat. Layanan ini merupakan rangkaian dari HUT Agraria dan Tata Ruang ke 57.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]