Picu Kerusuhan, 7 Militan ISIS Kabur dari Penjara Suriah


Senin, 18 Mei 2020 - 14:15:41 WIB
Picu Kerusuhan, 7 Militan ISIS Kabur dari Penjara Suriah Ilustrasi (DW)

HARIANHALUAN.COM -- Tujuh militan Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) kabur dari sebuah penjara kecil di Suriah bagian timur laut. Empat militan berhasil ditangkap kembali dan tiga lainnya masih dalam pengejaran.

Seperti dilansir Associated Press yang dikutip dari detik.com, Senin (18/5/2020), informasi itu disampaikan media nasional Suriah, SANA News Agency dan seorang juru bicara Pasukan Demokratik Suriah (SDF), Mervan Qamishlo.

Militan-militan itu kabur dari sebuah penjara di pinggiran kota Al-Hol, pada Minggu (17/5). Kota Al-Hol juga menjadi lokasi kamp-kamp yang menampung puluhan ribu istri, janda dan anak militan ISIS. Penjara itu diketahui terpisah dengan kamp yang menampung para istri dan anak militan ISIS.

Otoritas Kurdi yang menguasai wilayah itu, diketahui mengelola puluhan fasilitas penahanan yang tersebar di wilayah Suriah bagian timur laut. Sekitar 10 ribu militan ISIS ditahan di fasilitas-fasilitas itu, dengan 2 ribu di antaranya merupakan militan asing yang negaranya menolak untuk memulangkan mereka.

Qamishlo menyatakan bahwa SDF berhasil menangkap kembali empat militan ISIS yang kabur. Operasi pencarian dan pengejaran terhadap tiga militan lainnya masih berlangsung. Tidak disebut lebih lanjut asal kewarganegaraan para militan yang kabur.

Awal bulan ini, sejumlah militan ISIS yang dipenjara memicu kerusuhan dan mengambil alih kendali sebuah penjara di Hassakeh, Suriah selama beberapa jam. Otoritas Kurdi berhasil mengakhiri kerusuhan itu setelah melakukan negosiasi.

Pada akhir Maret lalu, kerusuhan terjadi di penjara yang sama di Hassakeh selama dua hari. Empat militan ISIS berhasil kabur dari penjara itu, namun mereka berhasil ditangkap kembali sehari setelahnya.

Militan-militan ISIS meningkatkan serangan di wilayah Suriah dan Irak dalam beberapa pekan terakhir, saat kedua negara sibuk memerangi pandemi virus Corona. (*)

 Sumber : Detik.com /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 18 Februari 2020 - 12:38:03 WIB

    Dennis Picu Banjir Besar di Inggris

    Dennis Picu Banjir Besar di Inggris JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Badai Dennis yang menerjang Inggris sejak akhir pekan memicu banjir di sejumlah wilayah. Dilaporkan seorang penduduk perempuan berusia 55 tahun meninggal akibat tersapu banjir di Kota Tenbury Wells.
  • Rabu, 15 Januari 2020 - 21:14:57 WIB

    Konflik Timur Tengah, Putin: Bisa Picu Perang Dunia

    Konflik Timur Tengah, Putin: Bisa Picu Perang Dunia MOSKOW,HARIANHALUAN.COM-Situasi di kawasan Timur Tengah memanas sejak Amerika Serikat (AS) melakukan serangan ke Baghdad, Irak yang menewaskan pimpinan militer Iran Mayor Jenderal Qassem Soleimani. Iran kemudian membalas deng.
  • Ahad, 17 November 2019 - 13:36:31 WIB

    Wah..,Petani Ganja Diduga Picu Karhutla di Australia

    Wah..,Petani Ganja Diduga Picu Karhutla di Australia SYDNEY,HARIANHALUAN.COM-Kebakaran hutan di Australia disebabkan pertanian ganja.  Polisi mengamankan seorang pria yang diduga diduga sengaja membakar hutan untuk mengamankan panen ganjanya..
  • Ahad, 20 Oktober 2019 - 08:30:08 WIB

    Pakai WhatsApp Harus Bayar Picu Kerusuhan di Negara Ini

    Pakai WhatsApp Harus Bayar Picu Kerusuhan di Negara Ini BEIRUT, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah negara Lebanon mengumumkan bahwa layanan WhatsApp akan kena pajak. Hal itu langsung memicu munculnya kerusuhan yang cukup parah di seluruh negeri. .
  • Selasa, 25 Agustus 2015 - 19:30:29 WIB

    Kenaikan Cukai Rokok Picu Efek Domino

    JAKARTA, HALUAN — Tar­get cukai tembakau tahun 2016 mencapai Rp 148,9 triliun, seperti tercantum dalam nota keuangan dan keterangan pemerintah ten­tang RUU APBN 2016 yang dibacakan di hadapan DPR RI ol.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]