Mario Syahjohan Sukses Perjuangkan SMAN 9 Solsel Hingga Siap Dialiri Listrik


Senin, 18 Mei 2020 - 21:21:02 WIB
Mario Syahjohan Sukses Perjuangkan SMAN 9 Solsel Hingga Siap Dialiri Listrik Mario Syahjohan

SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM - Anggota DPRD Sumatera Barat (Sumbar) Fraksi Gerindra berhasil memperjuangkan aspirasi masyarakat dan wali murid SMAN 9 Solok Selatan (Solsel) hingga sekolah itu siap untuk dialiri listrik negara tahun ini.

Edi Nasri selaku Kepala SMAN 9 mengatakan, pihaknya bersama wali murid dan masyarakat sekitar sangat terbantu dengan adanya aliran listrik di sekolah tersebut, terutama  dalam menunjang kelancaran proses belajar mengajar.

"Alhamdulillah, sekitar dua pekan ini sudah tuntas dilakukan instalasi listrik ke sekolah kami yang ikut diperjuangkan oleh Wakil Rakyat kita di provinsi Sumbar, pak Mario Syahjohan sehingga tahun ini, insyaallah sekolah mendapatkan bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk pengadaan laboratorium komputer," sebut Edi Nasri pada harianhaluan.com, Senin (18/5/2020).

Edi Nasri menyebutkan, berkat mediasi dan upaya yang dilakukan Mario Syahjohan, dari jalan utama Sungai Durian Lasuang Batu hingga ke lokasi SMAN 9 sudah terpasang sekitar 20 tiang listrik disertai instalasi kabel. "Artinya, saat ini sudah siap untuk dialiri listrik. Dan instalasi di internal ruang sekolah akan dipasang selepas lebaran 2020 ini," sebut Edi.

Ia mengaku sekolah yang dipimpinnya memiliki sekitar 50 orang siswa dari lima rombongan belajar (rombel). "Dengan adanya listrik tentunya diharapkan berdampak terhadap peningkatan mutu pendidikan di SMAN 9 Solsel," lanjutnya.

Terpisah, Anggota DPRD Sumbar Mario Syahjohan membenarkan bahwa pihaknya mendapatkan keluhan dari masyarakat dan wali murid terkait kebutuhan listrik di SMAN 9 Solsel, supaya kualitas pendidikan berjalan semestinya.

"Untuk menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) hal ini sangat dibutuhkan. Dan Alhamdulillah sekarang sudah terealisasi, pada intinya Kami ingin memperjuangkan aspirasi masyarakat. Semoga peserta didik dan pendidik mampu meningkatkan kualitas SDM dan kuantitas pelajar kedepannya," harapannya.

Menurut Mario, dengan kondisi minimmya jumlah peserta didik di sekolah itu, hendaknya ada semacam solusi agar pemerataan pendidikan bisa tercapai.

"Kami ingin tiap kecamatan memiliki SMA Negeri dengan penamaan disesuaikan dengan nama kecamatan atau sistem rayon, agar tidak digeneralisasi skop kabupaten. Misal, di Pauh Duo ada SMAN 1 Pauh Duo begitu pula di kecamatan lainnya sehingga memotivasi masyarakat sekitar untuk bersekolah di rayon kecamatan masing-masing," katanya. 

Terpisah, Manajer Bagian Jaringan PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Solok, Agung Ary Wibowo ketika dihubungi Harianhaluan.com membenarkan jika pembangunan tiang listrik tersebut adalah pelaksana pekerja vendor dari wilayah kerja UP3 Solok.

"Kontraknya di UP3 Solok termasuk kategori Perluasan Aliran Listrik (PAL). Selanjutnya, baru pihak sekolah melakukan pasang baru melalui unit PLN di Muara Labuh," tutupnya. (*)

Reporter : Jefli /  Editor : Heldi Satria
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]