MUI : Sholat Id di Rumah Boleh Tanpa Khutbah


Senin, 18 Mei 2020 - 21:34:46 WIB
MUI : Sholat Id di Rumah Boleh Tanpa Khutbah Sekretaris Komisi Fatwa MUI, Asrorun Ni’am

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa tentang panduan Sholat Idulfitri 1441 Hijriah pada saat pandemi Covid-19, salah satunya pelaksanaan sholat di rumah. 

Komisi Fatwa MUI Asrorun Ni’am Sholeh mengatakan, teknis pelaksanaan sholat id di rumah bisa dilakukan dengan berjamaah atau sendiri.

Ia menerangkan, jika sholat id berjamaah berjumlah empat orang jamaah, satu imam dan tiga makmum maka satu di antaranya menjadi khotib (pemberi khutbah). Namun, jika jumlah jamaah kurang dari empat atau dalam pelaksanaan di rumah maka boleh tidak ada khutbah.

"Jika jumlah jamaah kurang dari 4 atau jika di dalam pelaksanaan jamaah di rumah tidak ada orang yang memiliki kompetensi atau keberanian berkhotbah, maka shalat Idul Fitri dilakukan tanpa melakukan khotbah," ujar Asrorun dalam konferensi pers di Graha BNPB Jakarta, Senin (18/5).

Sementara, untuk teknis pelaksaan sholat id sendiri di rumah maka tidak perlu ada khutbah. Selain itu, Asrorun mengatakan, bacaan sholat id sendiri di rumah jual tidak perlu keras.

"Khusus jika dilaksanakan shalat sendiri maka bacaannya tidak perlu dikeraskan dan tidak perlu ada khotbah," katanya.

Ia mengatakan, secara umum sholat dan khutbah Idul Fitri di rumah sama dengan sholat berjamaah di tanah lapang atau masjid sebagaimana biasa. Ia menerangkan, khutbah Id hukumnya sunnah yang merupakan kesempurnaan sholat Idul Fitri dilaksanakan dengan dua khutbah sebagaimana khutbah Jumat.

"Jadi secara rinci diawali dengan takbir 9 kali kemudian membaca hamdalah, membaca shalawat, dan juga membaca ayat Alquran kemudian duduk sejenak setelah itu berdiri membaca takbir sebanyak 7 Kali, memuji Allah dengan hamdalah membaca shalawat berwasiat taqwa dan mendoakan kaum muslimin," katanya. (*)

 Sumber : Republika /  Editor : Rahma Nurjana

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 29 Mei 2020 - 08:11:51 WIB

    Mari Pahami! Isi Lengkap Maklumat MUI tentang New Normal Covid-19

    Mari Pahami! Isi Lengkap Maklumat MUI tentang New Normal Covid-19 HARIANHALUAN.COM -- Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan Maklumat Nomor Kep-1188/DP-MUI/V/2020 tentang Rencana Pemberlakuan Kehidupan Normal Baru (New Normal Life) di Tengah Pandemi Covid-19. Surat maklumat tersebut dit.
  • Kamis, 28 Mei 2020 - 19:57:49 WIB

    Perhatian! Ini Pernyataan Terbaru MUI Terkait Salat Jumat

    Perhatian! Ini Pernyataan Terbaru MUI Terkait Salat Jumat HARIANHALUAN.COM – Sekretaris Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Asrorun Niam Sholeh menyatakan bahwa pada kawasan yang sudah terkendali, umat Islam memiliki kewajiban untuk melaksanakan salat Jumat. Hal itu merespo.
  • Kamis, 28 Mei 2020 - 18:34:56 WIB

    MUI Khawatir Ada Gelombang Kedua Covid-19

    MUI Khawatir Ada Gelombang Kedua Covid-19 HARIANHALUAN.COM - Majelis Ulama Indonesia (MUI) khawatir akan adanya gelombang kedua penularan virus corona atau Covid-19 bila tatanan kenormalan baru atau new normal diterapkan secara gegabah. Karenanya, MUI mengingatkan ag.
  • Kamis, 28 Mei 2020 - 15:36:26 WIB

    Ini Tanggapan MUI Soal Pembukaan Tempat Ibadah dan New Normal

    Ini Tanggapan MUI Soal Pembukaan Tempat Ibadah dan New Normal HARIANHALUAN.COM -  Persiapan penerapan fase kenormalan baru atau new normal di tengah pandemi terus dikebut. Salah satu hal yang diatur adalah tempat ibadah akan dibuka secara bertahap. .
  • Selasa, 19 Mei 2020 - 19:23:30 WIB

    MUI Soroti Konser Amal: Pemerintah Terkesan Gembira di Atas Penderitaan Rakyat

    MUI Soroti Konser Amal: Pemerintah Terkesan Gembira di Atas Penderitaan Rakyat HARIANHALUAN.COM -- Konser amal virtual di tengah wabah virus corona jadi sorotan. Bukan cuma publik yang mengkritik, Majelis Ulama Indonesia atau MUI bahkan ikut angkat bicara. .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]