Jangan Khawatir! Pemerintah Akan Kebut Penyaluran Bansos, 5 Hari Sebelum Lebaran


Senin, 18 Mei 2020 - 22:50:18 WIB
Jangan Khawatir! Pemerintah Akan Kebut Penyaluran Bansos, 5 Hari Sebelum Lebaran Menko PMK Muhadjir Effendy

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menteri Koordinator Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menyebut, pemerintah akan menyalurkan bansos secara masif dalam 5 hari sebelum lebaran Idul Fitri. 

"Perlu saya sampaikan insya Allah lima hari terakhir menjelang Lebaran kami nanti akan melakukan penyaluran bansos besar-besan dari target,” kata Muhadjir usai rapat bersama Presiden Jokowi terkait penanganan Covid-19 secara virtual, Senin (18/5/2020). 

Ia menyebut, Kementerian Sosial akan membagikan hingga 8,3 juta dari target 9 juta penerima bansos. Kemudian, sekitar 700.000 lainnya baru bisa menerima bansos dalam waktu 2 pekan akibat wilayah yang sulit diakses. 

“Mengenai dana sudah kami hitung tidak ada masalah," kata Muhadjir. 

Menurut dia, pengiriman akan dilakukan via PT Pos Indonesia. PT Pos pun berkomitmen untuk membantu memenuhi target 8,3 juta bansos dengan tidak libur saat Lebaran. 
"PT pos sudah siap menyalurkan dan sudah janji tidak akan libur nanti lebaran," kata Muhadjir. 

Sementara itu, untuk bansos BLT Desa yang dibagikan Kementerian Desa, targetnya disalurkan 70 persen. Muhadjir menyebut, pemerintah juga sudah mengoptimalisasi data penerima keluarga manfaat. 

Ia pun meminta pengurus RT/ RW untuk mencatat orang-orang yang tak mampu tetapi belum menerima bantuan. 

"Prinsipnya kami ingin memberikan perhatian yang semaksimal mungin terhadap mereka yang betul-betul terdampak terutama yang membutuhkan pertolongan," kata Muhadjir. (*)
 

 Sumber : kompas.com /  Editor : Rahma Nurjana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 04 Juni 2020 - 15:45:00 WIB

    Zona Kuning Dipersilahkan Terapkan New Normal, Zona Merah Jangan!

    Zona Kuning Dipersilahkan Terapkan New Normal, Zona Merah Jangan! HARIANHALUAN.COM - Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Doni Monardo mengatakan pemberlakuan tatanan normal baru atau 'new normal' disesuaikan dengan dinamika di masing-masing daerah. Daerah di zona kuning dan zon.
  • Rabu, 03 Juni 2020 - 15:37:54 WIB

    Warning untuk Pemerintah: Jangan Sampai Ebola Masuk Indonesia

    Warning untuk Pemerintah: Jangan Sampai Ebola Masuk Indonesia HARIANHALUAN.COM -- Virus ebola kembali mewabah di Republik Kongo. Anggota Komisi IX DPR RI Saleh Partaonan Daulay meminta pemerintah untuk waspada jangan sampai virus yang berasal dari hewan liar itu masuk ke Indonesia..
  • Selasa, 02 Juni 2020 - 08:21:38 WIB

    Jangan Lupa! Hari Ini, Menag Umumkan Kepastian Pelaksanaan Haji 2020

    Jangan Lupa! Hari Ini, Menag Umumkan Kepastian Pelaksanaan Haji 2020 HARIANHALUAN.COM -- Menteri Agama Fachrul Razi akan mengumumkan kepastian penyelenggaraan ibadah haji tahun 2020 pada Pukul 10.00 wib hari ini, Selasa (2/6). Pengumuman ini akan disampaikan terbuka melalui aplikasi Zoom Mee.
  • Sabtu, 30 Mei 2020 - 18:38:49 WIB

    Polri Batalkan Perpanjangan Penutupan Layanan SIM, STNK, BPKB

    Polri Batalkan Perpanjangan Penutupan Layanan SIM, STNK, BPKB HARIANHALUAN.COM - Mempertimbangkan skenario tatanan kenormalan baru atau new normal yang digalakkan pemerintah, Polri membuka kembali layanan Satuan Pelayanan Administrasi (Satpas), Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (S.
  • Jumat, 29 Mei 2020 - 06:21:55 WIB

    Saran Muhammadiyah, Pemerintah Jangan Tergesa-gesa Buka Pesantren

    Saran Muhammadiyah, Pemerintah Jangan Tergesa-gesa Buka Pesantren HARIANHALUAN.COM -- Pemerintah sedang mengkaji untuk kembali membuka pesantren secara bertahap di tengah pandemi virus Corona (COVID-19). PP Muhammadiyah mengingatkan agar keputusan membuka kembali pesantren tidak ditetapk.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]