Ini Cara Membuat Kripik Pisang Batu Nan Renyah untuk Lebaran


Selasa, 19 Mei 2020 - 09:49:08 WIB
Ini Cara Membuat Kripik Pisang Batu Nan Renyah untuk Lebaran Kripik pisang batu

HARIANHALUAN.COM -- Kripik pisang batu atau pisang kepok menjadi kue camilan wajib saat lebaran. Rasanya yang sedikit manis dan gurih menambah rasa ingin lagi dan lagi saat menyantapnya. Tapi, tahukah Anda tips untuk membuat kripik pisang batu menjadi krispi dan renyah? Ayo coba praktekan di rumah cara menbuat kripik pisang batu yang renyah. Siapkan bahan-bahan berikut.

Bahan utama:

  • 2 sisir pisang kepok setengah matang
  • 10 butir bawang putih, haluskan
  • 2 liter air
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 1/2 sendok teh kapur sirih
  • garam halus secukupnya
  • minyak goreng secukupnya

Cara membuatnya, siapkan baskom berukuran besar, kemudian tuangi 2 liter air. Masukkan pula bawang putih yang sudah dihaluskan, garam, gula pasir, dan kapur sirih. Aduk hingga semua bumbu tercampur rata dan larut di dalam air. Kupas kulit pisang kepok, kemudian iris. Usahakan agar setiap irisan memiliki ketebalan yang sama. 

Jadi saat digoreng bisa matang dalam waktu yang sama dan memiliki warna yang seragam. Masukkan pisang yang sudah diiris tipis ke dalam air rendaman bumbu yang sudah dibuat tadi. Diamkan selama setidaknya 30 menit. Panaskan minyak goreng dalam jumlah banyak, lalu goreng pisang yang telah ditiriskan dari air rendaman bumbu. 

Goreng sedikit demi sedikit agar pisang tidak hancur dan berbentuk keriting. Goreng pisang sampai berwarna kuning keemasan dan benar-benar renyah. Angkat dari penggorengan, kemudian tiriskan minyaknya. Selamat mencoba! (*)

Reporter : Merinda Faradianti /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 22 Mei 2020 - 12:32:39 WIB

    Anti Ribet! Ini Resep Ketupat Plastik untuk Lebaran

    Anti Ribet! Ini Resep Ketupat Plastik untuk Lebaran HARIANHALUAN.COM -- Kalau tak punya kulit ketupat, bikin saja ketupat dengan bungkus plastik. Seperti dilansir dari detik.com, Jumat (22/5/2020), hasilnya sama teksturnya, membuatnya juga praktis dan gampang..
  • Selasa, 19 Mei 2020 - 11:09:30 WIB

    Begini Cara Membuat Kue Bawang Jadul Nan Renyah Khas Padang

    Begini Cara Membuat Kue Bawang Jadul Nan Renyah Khas Padang HARIANHALUAN.COM -- Lebaran sebentar lagi, toples kue di rumah sudah terisi atau belum? Walaupun lebaran tahun ini tetap di rumah saja, Anda tetap bisa menikmati kelezatan kue-kue jadul yang ada saat lebaran. Meski tidak bisa.
  • Sabtu, 16 Mei 2020 - 19:50:47 WIB

    Ini Alasannya Kenapa Harus Berbuka dengan yang Manis

    Ini Alasannya Kenapa Harus Berbuka dengan yang Manis HARIANHALUAN.COM - Saat berbuka puasa, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan serta minuman yang manis. Hal ini pun menjadi salah satu hal sunnah dalam agama Islam, seperti makan kurma dan minum minuman yang manis..
  • Jumat, 15 Mei 2020 - 10:54:13 WIB

    Pernah Coba Gulai Sabo-sabo Khas Pasaman Barat, Begini Cara Membuatnya

    Pernah Coba Gulai Sabo-sabo Khas Pasaman Barat, Begini Cara Membuatnya HarianHaluan.com - Gulai Sabo-Sabo merupakan makanan khas Pasaman Barat yang isinya terdiri dari berbagai macam hasil laut seperti ikan kecil, udang kecil, kepiting dan lainnya yang dicampur dengan gulai (kuah santan) dengan .
  • Rabu, 13 Mei 2020 - 17:04:32 WIB

    Fahri ke Anies: Bagus Bapak Tempur, Ini Waktunya Memanfaatkan Amanah

    Fahri ke Anies: Bagus Bapak Tempur, Ini Waktunya Memanfaatkan Amanah Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengeluhkan kebijakan pemerintah pusat yang plintat plintut dalam penanganan Corona Covid-19. Anies menyoroti salah satu kebijakan menyangkut tidak konsistennya dalam operasional bus Antar.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]