Pertahanan Kota Solok Bobol! Pedagang Keliling Positif Covid-19 Terlacak Sering ke Daerah Terjangkit


Selasa, 19 Mei 2020 - 12:10:24 WIB
Pertahanan Kota Solok Bobol! Pedagang Keliling Positif Covid-19 Terlacak Sering ke Daerah Terjangkit Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Setelah berhasil cukup lama mempertahankan Kota Solok sebagai zona hijau atau zero kasus, Selasa (19/5/2020), Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Solok, Zul Elfian mengumumkan kasus perdana positif terinfeksi Corona di daerah ini.

Pasien perdana Covid-19 Kota Solok merupakan Pria berumur 25 tahun beralamat di Kelurahan Balimo Tanjung Harapan, sehari-hari berprofesi sebagai pedagang keliling. "Sesuai saran petugas di kelurahan, pria ini dilakukan tes kesehatan, karena yang bersangkutan sering bolak balik ke daerah terjangkit sebagai pedagang keliling, dia sangat koorperatif dan bersedia untuk di-swab test," kata Walikota Solok ini.

Kemudian sampel tes dikirim ke laboratorium Unand. Pada senin 18 mei 2020 sekitar pukul 19.00 hasil dikeluarkan dan yang bersangkutan dinyatakan positif Covid-19 sekaligus pasien pertama di Kota Solok.

Selanjutnya, gugus tugas langsung menghubungi pria tersebut. Saat dihubungi beliau berada di luar kota dan segera diminta kembali ke Kota Solok untuk menjalani isolasi. Bersamanya, juga diisolasi kakak dan ipar yang di jemput langsung oleh mobil khusus penanganan Covid-19. 

"Mudah2 yang bersangkutan dan keluarga bisa secepatnya pulih kembali sebagaimana sedia kala, dan kepada keluarga dan masyarakat yang mungkin berinteraksi dengan yang bersangkutan akan dilakukan tes swab pada hari ini," katanya.

Dilingkungan yang bersangkutan akan dilakukan penyemprotan disenfektan sekaligus edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat bahwa ini adalah musibah dan tidak ada seorang pun yang menginginkannya. "Kita berusaha menghindar dan mencegah namun semuanya Allah yang menentukan, virus ini bukan aib, hanya ujian dari Allah untuk itu perlu kita dukung bersama sama," lanjut orang nomor satu di Solok ini.

Bersamaan dengan kasus ini, seluruh petugas atau satgas juga akan melalukan tracing untuk mengantisipasi masyarakat lain yang memiliki riwayat kontak dengan kasus positif. Kemudian juga, pada hari ini Kota Solok sedang menunggu hasil swab 51 orang OTG yang memiliki kontak erat dengan pasien positif Koto Baru Kabupaten Solok beberapa waktu lalu. (*)
 

Reporter : Metria Indeswara /  Editor : Nova Anggraini
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]