Pertahankan Kebudayaan, Warga Tiku Tetap Menggelar Mambantai Ternak Jelang Lebaran


Selasa, 19 Mei 2020 - 12:46:31 WIB
Pertahankan Kebudayaan, Warga Tiku Tetap Menggelar Mambantai Ternak Jelang Lebaran Pertahankan kebudayaan, masyarakat Tiku Kecamatan Tanjung Mutiara dan sekitarnya tetap menggelar kegiatan "mambantai" ternak di Pasar Tiku, Kabupaten Agam.

HARIANHALUAN.COM - Pertahankan kebudayaan, masyarakat Tiku Kecamatan Tanjung Mutiara dan sekitarnya tetap menggelar kegiatan "mambantai" ternak di Pasar Tiku, Kabupaten Agam. Kegiatan ini dilaksanakan sehari menjelang Hari Raya Idul Fitri tahun ini.

Sekretaris Camat Tanjung Mutiara, Zulwardi dikutip dari Agam Media Center, mengatakan dibolehkannya masyarakat atau pedagang “mambantai” harus mengikuti aturan dan prosedur protokol Covid-19.

Keputusan tersebut berdasarkan hasil kesepakatan bersama pedagang dengan pengelola pasar, tokoh masyarakat dan pemerintah nagari serta pihak terkait.

“Kita sepakat bahwa para pedagang diharuskan pakai masker dan jarak meja tempat menjual 1-2 meter. Yang penting mengutamakan physical distancing,” ujarnya, Senin, (18/5/2020).

Selain itu, protokol kesehatan juga diberlakukan bagi masyarakat saat beraktivitas di pasar. “Aktivitas masyarakat di pasar terus dipantau, mereka hanya diperbolehkan membeli daging dan tidak dianjurkan berlama-lama di pasar,” tegasnya.

Terpisah, Kasi Kesmavet Dinas Pertanian Kabupaten Agam, Iswan Hendri, mengatakan bahwa untuk harga daging diprediksi tidak akan mengalami kenaikan harga yang signifikan. “Akan ada nantinya pedagang dadakan, sehingga disitulah pedagang mengambil keuntungan agak banyak. Meskipun naik, tapi tidak begitu tinggi dari harga normal berkisar antara Rp.120.000 sampai Rp.130.000/kg),” katanya.

Begitu sebaliknya, terang Iswan Hendri, bahwa apabila masyarakat tetap ramai untuk ke pasar, pihaknya akan tetap mewanti-wanti di lapangan untuk mengarahkan masyarakat agar memakai masker dan jaga jarak. “Karena membeli daging ke pasar bagi masyarakat kita sudah menjadi budaya yang tidak bisa ditinggalkan,” tutupnya. (*)

Reporter : Metria Indeswara /  Sumber : Agam Media Center /  Editor : Nova Anggraini
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 19 September 2019 - 17:38:01 WIB

    Pessel Fokus Pertahankan Lahan Pertanian

    Pessel Fokus Pertahankan Lahan Pertanian PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan bakal mempertahankan ketersediaan lahan pertanian di daerah itu agar tidak beralih fungsi. Hal ini ditegaskan melalui Peraturan Daerah (Perda) yang akan diusulka.
  • Senin, 17 Juni 2019 - 09:58:15 WIB

    Padang Siap Pertahankan Juara Umum, Mahyeldi: Khafillah Agar Tetap Tahajud

    Padang Siap Pertahankan Juara Umum, Mahyeldi: Khafillah Agar Tetap Tahajud PADANG,HARIANHALUAN.COM--Bertekad pertahankan juara umum Musabaqah Tiwatil Quran (MTQ) Nasional ke 38 Tingkat Provinsi Sumatera Barat, Kota Padang terus melakukan berbagai persiapan agar perolehan juara selama ini dapat dipe.
  • Jumat, 31 Mei 2019 - 13:01:26 WIB

    Untuk Ketiga Kali, ISI Kembali Pertahankan Tiket ke CATW

    Untuk Ketiga Kali, ISI Kembali Pertahankan Tiket ke CATW PADANG PANJANG, HARIANHALUAN.COM -- ISI Padang Panjang kembali mendapat kesempatan untuk membawa sebuah pertunjukan teater ke China Asean Theater Week (CATW) di China pada September depan. Kesempatan ini adalah yang ketiga ka.
  • Selasa, 16 Oktober 2018 - 11:54:54 WIB

    Pertahankan Tradisi, Masyarakat Palaluar Selenggarakan Bakau Adat

    Pertahankan Tradisi, Masyarakat Palaluar Selenggarakan Bakau Adat SIJUNJUNG,HARIANHALUAN-Masyarakat Nagari Palaluar, Kecamatan Koto VII, Kabupaten Sijunjung menggelar acara Bakaua Adat di lokasi perkaulan adat Pokan Akok, Jorong Bungo Nagari Palaluar, Minggu (14/10)..
  • Sabtu, 24 Maret 2018 - 00:41:29 WIB

    Pessel Komit Pertahankan Piala Adipura

    Pessel Komit Pertahankan Piala Adipura PAINAN, HALUAN - Pemkab Pessel bersama masyarakat tetap komit untuk mempertahankan piala Adipura katagori kota kecil yang bersih dan tertata rapi. Apalagi daerah ini merupakan salah satu daerah yang kaya akan potensi wisatany.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]