TAGEH MENGHADAPI HIDUP


Selasa, 19 Mei 2020 - 13:29:45 WIB
TAGEH MENGHADAPI HIDUP Candrianto

Oleh: H. Candrianto, ST.M.Pd.IPM.CSE
Dosen Politeknik ATI Padang

Kita, bangsa dan negara di dunia ini sama-sama menghadapi bencana besar yang cukup dasyat dan mematikan yaitu virus corona. Ini harus segera kita cegah, musnahkan dan tanggulangi. Permasalahan yang muncul akan berbeda-beda termasuk cara untuk menyelesaikannya. 

Cara ini tentu akan bervariasi tergantung pada kondisi serta pengalaman hidup termasuk keimanan dan ketaqwaan kita. Penyelesaianya ada yang menguntungkan bagi dirinya dan ada yang merugikan bagi orang lain, begitu sebaliknya akan tetapi tetap ada penyelesaian masalah yang terbaik.

Untuk penyelesaiannya, satu kekuatan kita yaitu TAGEH.
1. T ----  Teliti, Tertib, Tawakal. Penyelesaian masalah ini walau sudah dilakukan dengan syukur,  kerja keras dan kreatif tetapi kadangkala masalah itu bisa berlangsung lama maka penyelesaiannya harus teliti, tertib dengan penuh perhitungan, dan tawakal yakni pantang menyerah.

2. A ----  Aktif. Ketika masalah datang, kita tidak boleh diam, segera bergerak untuk menemukan penyebabnya jika perlu sampai ke akarnya dan selalu aktif mencarikan solusi terbaik.

3. G ----  Gaya. Gaya hidup harus diperhatikan, merubah kebiasaan yang dulunya tidak peka terhadap lingkungan dan kesehatan, hari ini harus berubah gaya dengan cara rajin cuci tangan, memakai masker saat keluar rumah, menjaga jarak antar invidu ataupun dalam masyarakat dan memperhatikan himbauan pemerintah.

4. E -----  Enjoy. Ketenangan bisa didapatkan dengan semakin banyak kita bersyukur maka semakin banyak kebahagian yang kita dapatkan. Jadilah dinding yang kuat ketika masa-masa sulit dan jadilah matahari yang tersenyum ketika masa-masa indah.

5. H ----- Hadapi. Hadapilah dan jangan lari dari masalah. Senyuman akan membuat kita lebih tenang, iklas, memberikan pikiran positif  sehingga keputusan dapat diambil untuk menyelesaikan masalah. Dengan tersenyum kita akan mampu mencairkan setiap suasana baik situasi sulit ataupun tegang maka tersenyumlah.

Kekuatan TAGEH  ini dapat diterapkan bagi diri sendiri, masyarakat, dan bangsa kita yang sedang ditimpa masalah pada pandemi saat ini.(*)
 

 Editor : Nova Anggraini

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]