Waduh! Trump Mau Gulingkan AS dari Keanggotaan WHO    


Selasa, 19 Mei 2020 - 18:46:38 WIB
Waduh! Trump Mau Gulingkan AS dari Keanggotaan WHO     Presiden AS Donald Trump berbicara tentang krisis di Venezuela saat berkunjung ke Florida International University di Miami, Florida, AS, 18 Februari 2019. REUTERS / Kevin Lamarque

HARIANHALUAN.COM -- Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump kembali mengancam Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Trump mengancam akan secara permanen menghentikan pendanaan AS untuk organisasi kesehatan PBB itu jika WHO tidak berkomitmen untuk melakukan perbaikan dalam waktu 30 hari.

Trump juga mengatakan akan mempertimbangkan kembali status keanggotaan Amerika Serikat dalam organisasi yang berbasis di Jenewa, Swiss tersebut.

Pernyataan itu disampaikan Trump setelah menangguhkan kontribusi AS untuk WHO bulan lalu karena menganggapnya telah mengeluarkan informasi yang salah dari China soal pandemi virus corona (COVID-19). WHO telah menentang tuduhan itu dan China telah menyatakan negaranya transparan dan terbuka soal corona.

"Jika WHO tidak berkomitmen untuk melakukan perbaikan substantif besar dalam 30 hari ke depan, saya akan mengubah pembekuan sementara pendanaan untuk WHO dari Amerika Serikat menjadi permanen dan mempertimbangkan kembali keanggotaan kami," kata Trump kepada pemimpin WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, dalam sebuah surat yang dipostingnya di Twitter, dikutip dari CNBC Indonesia, Selasa (19/5/2020).

Sebelum ini Trump juga telah mengecam WHO, menyebutnya telah melakukan pekerjaan yang sangat menyedihkan dalam hal penanganan virusnya. Trump juga telah mengancam akan mengurangi pendanaan AS untuk WHO.

Amerika Serikat sendiri merupakan negara penyumbang anggaran terbesar untuk WHO, yaitu menyumbang lebih dari US$ 400 juta (lebih dari RP 6 triliun) kepada WHO pada tahun 2019. Jumlah itu setara sekitar 15% dari anggaran organisasi.

Namun tahun ini AS baru menyuntikkan dana kepada WHO sekitar US$ 58 juta, kata pejabat senior pemerintahan Trump bulan lalu.

Menurut Reuters, dalam surat itu Trump juga meminta WHO untuk 'melepaskan diri' dari China. Ia juga mengklaim bahwa pemerintahannya telah memulai diskusi dengan Tedros soal reformasi di WHO.

Sebelumnya, sebagai pembelaan atas serangkaian tuduhan Trump, Tedros telah mengatakan bahwa WHO akan sesegera mungkin memulai peninjauan independen terhadap tanggapan virus global.

Tedros juga mengatakan lembaga itu telah telah menerima dukungan dan janji pendanaan yang besar dari China, negara awal tempat wabah ditemukan.

"Kita semua harus belajar dari pandemi," kata Tedros dalam pertemuan virtual Majelis Kesehatan Dunia, menurut CBC.

"Setiap negara dan setiap organisasi harus memeriksa responsnya dan belajar dari pengalamannya. WHO berkomitmen untuk transparansi, akuntabilitas, dan peningkatan yang berkelanjutan. (*)

 Sumber : CNBC Indonesia /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 03 Juni 2020 - 06:51:13 WIB

    Waduh! Merpati Ini Dikira Mata-mata Karena Terbang Lintas Negara

    Waduh! Merpati Ini Dikira Mata-mata Karena Terbang Lintas Negara HARIANHALUAN.COM - Polisi India akhirnya melepaskan seekor merpati milik warga Pakistan karena sempat dikira mata-mata. Tapi akhirnya, merpati diputus tak bersalah..
  • Selasa, 26 Mei 2020 - 07:15:27 WIB

    Waduh! Tukang Cukur Tularkan Corona ke Pelanggan

    Waduh! Tukang Cukur Tularkan Corona ke Pelanggan HARIANHALUAN.COM - Seorang tukang cukur rambut di Missouri, Amerika Serikat (AS), membuka kembali usaha salon miliknya di tengah pandemi. Ia tidak menyadari jika dirinya telah terinfeksi virus Corona. Akibatnya, penata rambut.
  • Senin, 25 Mei 2020 - 15:30:18 WIB

    Waduh! AS-Cina di Ambang Perang Dingin Baru?

    Waduh! AS-Cina di Ambang Perang Dingin Baru? HARIANHALUAN.COM - Menteri Luar Negeri Cina Wang Yi mengatakan pada Minggu (24/5) bahwa hubungan antara Cina dan Amerika Serikat (AS) berisiko memburuk hingga ke titik "Perang Dingin baru" bisa saja menjadi kenyataan..
  • Ahad, 24 Mei 2020 - 16:48:17 WIB

    Waduh! Harusnya Bermaafan, Amerika Serikat dan China malah Makin Tegang

    Waduh! Harusnya Bermaafan, Amerika Serikat dan China malah Makin Tegang HARIANHALUAN.COM -- Idul Fitri biasanya adalah momen saling bermaafan atas segala khilaf. Namun buat Amerika Serikat (AS) dan China, yang ada malah tensi ketegangan yang semakin meninggi. Sejak Donald Trump terpilih sebagai p.
  • Ahad, 17 Mei 2020 - 14:20:37 WIB

    Waduh! Gadis di India Dikeroyok Warga Usai Disoraki 'Corona'

    Waduh! Gadis di India Dikeroyok Warga Usai Disoraki 'Corona' HARIANHALUAN.COM - Seorang gadis berusia 20 tahun dikeroyok oleh warga di Gurugram, India usai dipanggil 'Corona'. Masalah berbau rasisme menjadi sorotan di media sosial..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]