MUI Soroti Konser Amal: Pemerintah Terkesan Gembira di Atas Penderitaan Rakyat


Selasa, 19 Mei 2020 - 19:23:30 WIB
MUI Soroti Konser Amal: Pemerintah Terkesan Gembira di Atas Penderitaan Rakyat Akun Benny Susetyo. Foto: Twitter

HARIANHALUAN.COM -- Konser amal virtual di tengah wabah virus corona jadi sorotan. Bukan cuma publik yang mengkritik, Majelis Ulama Indonesia atau MUI bahkan ikut angkat bicara. 

MUI menilai, sikap pemerintah menggelar agenda konser amal di saat kondisi pandemi wabah virus corona atau COVID-19 kurang tepat. Apalagi, saat ini banyak rakyat menderita, mengalami kesusahan hidup karena menganggur sementara bantuan sembako tak merata. 

"Mengapa pada saat demikian Pemerintah justru mempelopori acara seperti konser musik yang tidak memperhatikan protokol kesehatan, dan terkesan bergembira di atas penderitaan rakyat," kata Ketua Dewan Pertimbangan MUI, Din Syamsuddin di Jakarta, dikutip dari Viv.co.id, Selasa, 19 Mei 2020. 

Din mengatakan, pemerintah sebaiknya, kata dia, dalam keadaan penuh keprihatinan, justru meningkatkan doa dan  munajat pada Tuhan. Hal ini, sesuai dengan Sila Ketuhanan Yang Maha Esa dan Sila Kemanusiaan yang adil dan beradab. 

Din Syamsuddin juga meminta, agar pemerintah konsekwen dengan peraturan yang dibuatnya, termasuk mengenai aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB yakni dengan tidak mengizinkan kegiatan-kegiatan yang mendorong orang berkerumun di tempat-tempat umum.

"Peraturan tersebut perlu dilaksanakan secara berkeadilan, jangan melarang umat Islam salat jamaah di masjid tapi mengizinkan orang banyak menumpuk di bandara dan tempat keramaian lain," katanya. 

Sebelumnya, konser amal virtual ini menjadi sorotan. Konser yang digelar MPR RI, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila atau BPIP dan BNPT menggelar konser amal untuk korban pandemi COVID-19. Tetapi, Konser Amal Lawan Corona yang digelar pada Minggu, 17 Mei 2020, menuai kritikan setelah dianggap tidak menerapkan physical distancing dan tidak menggunakan masker. (*)

 Sumber : Viva.co.id /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 29 Mei 2020 - 08:11:51 WIB

    Mari Pahami! Isi Lengkap Maklumat MUI tentang New Normal Covid-19

    Mari Pahami! Isi Lengkap Maklumat MUI tentang New Normal Covid-19 HARIANHALUAN.COM -- Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan Maklumat Nomor Kep-1188/DP-MUI/V/2020 tentang Rencana Pemberlakuan Kehidupan Normal Baru (New Normal Life) di Tengah Pandemi Covid-19. Surat maklumat tersebut dit.
  • Kamis, 28 Mei 2020 - 19:57:49 WIB

    Perhatian! Ini Pernyataan Terbaru MUI Terkait Salat Jumat

    Perhatian! Ini Pernyataan Terbaru MUI Terkait Salat Jumat HARIANHALUAN.COM – Sekretaris Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Asrorun Niam Sholeh menyatakan bahwa pada kawasan yang sudah terkendali, umat Islam memiliki kewajiban untuk melaksanakan salat Jumat. Hal itu merespo.
  • Kamis, 28 Mei 2020 - 18:34:56 WIB

    MUI Khawatir Ada Gelombang Kedua Covid-19

    MUI Khawatir Ada Gelombang Kedua Covid-19 HARIANHALUAN.COM - Majelis Ulama Indonesia (MUI) khawatir akan adanya gelombang kedua penularan virus corona atau Covid-19 bila tatanan kenormalan baru atau new normal diterapkan secara gegabah. Karenanya, MUI mengingatkan ag.
  • Kamis, 28 Mei 2020 - 15:36:26 WIB

    Ini Tanggapan MUI Soal Pembukaan Tempat Ibadah dan New Normal

    Ini Tanggapan MUI Soal Pembukaan Tempat Ibadah dan New Normal HARIANHALUAN.COM -  Persiapan penerapan fase kenormalan baru atau new normal di tengah pandemi terus dikebut. Salah satu hal yang diatur adalah tempat ibadah akan dibuka secara bertahap. .
  • Senin, 18 Mei 2020 - 21:34:46 WIB

    MUI : Sholat Id di Rumah Boleh Tanpa Khutbah

    MUI : Sholat Id di Rumah Boleh Tanpa Khutbah HARIANHALUAN.COM - Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa tentang panduan Sholat Idulfitri 1441 Hijriah pada saat pandemi Covid-19, salah satunya pelaksanaan sholat di rumah. .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]