Cara Membuat Kue Akar Kelapa yang Manis dan Gurih untuk Lebaran


Rabu, 20 Mei 2020 - 09:50:05 WIB
Cara Membuat Kue Akar Kelapa yang Manis dan Gurih untuk Lebaran kue kering kelapa

HARIANHALUAN.COM - Kue kering akar kelapa merupakan kue tradisional yang biasanya harus ada saat lebaran tiba. Akar kelapa biasa disajikan didampingi dengan kacang tojin. Bahan dasar kue ini adalah dari kelapa dan tepung ketan. Kombinasi rasa gurih dan manis pasti bikin Anda ketagihan kue khas lebaran yang satu ini.

Sebutannya muncul karena bentuk kue ini yang mirip dengan akar pohon kelapa. Tenang saja, bentuk unik ini tidak dibuat secara manual. Tapi dibentuk dengan cetakan kue khusus yang sangat mudah didapatkan di pasaran dan sangat terjangkau harganya. Yuk, buat sendiri kue akar kelapa dengan resep praktis berikut.

Bahan-bahan

    ⁃    100 gr tepung ketan
    ⁃    50 gr tepung beras
    ⁃    100 gr gula pasir
    ⁃    75 gr santan kental
    ⁃    50 gr margarin
    ⁃    2 butir telur
    ⁃    Garam secukupnya
    ⁃    Vanili secukupnya

Cara membutanya, kocok telur dan gula hingga rata. Kemudian, masukkan tepung ketan, tepung beras, margarin, garam, dan vanilla essens. Aduk hingga adonan rata. Tuangkan santan kental sedikit demi sedikit, lalu aduk adonan hingga rata, tidak lengket, dan bisa dicetak.

Panaskan banyak minyak goreng. Sembari itu, masukkan adonan ke dalam cetakan kue akar kelapa. Cetak adonan kue dan langsung masukkan dalam minyak panas. Goreng hingga kue berubah kecoklatan dan matang. Angkat dan tiriskan. Ulangi menggoreng kue hingga adonan habis.

Tipsnya, pilih santan segar agar hasil kue lebih lezat. Takaran tepung bisa ditambahkan bila adonan terlalu lembek. Kue akar kelapa siap disajikan dan simpan di tempat yang kering ya. Selamat mencoba !

Reporter : Merinda Faradianti /  Sumber : berbagai sumber /  Editor : Heldi Satria
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 20 Mei 2020 - 09:47:30 WIB

    Cara Membuat Bolu Batik Khas Padang yang Lembut dengan Resep Praktis

    Cara Membuat Bolu Batik Khas Padang yang Lembut dengan Resep Praktis HARIANHALUAN.COM - Jika ingin melihat makanan unik nan indah dengan rasa enak, maka jawabannya adalah bolu batik yang ada di Padang. .
  • Selasa, 19 Mei 2020 - 11:09:30 WIB

    Begini Cara Membuat Kue Bawang Jadul Nan Renyah Khas Padang

    Begini Cara Membuat Kue Bawang Jadul Nan Renyah Khas Padang HARIANHALUAN.COM -- Lebaran sebentar lagi, toples kue di rumah sudah terisi atau belum? Walaupun lebaran tahun ini tetap di rumah saja, Anda tetap bisa menikmati kelezatan kue-kue jadul yang ada saat lebaran. Meski tidak bisa.
  • Selasa, 19 Mei 2020 - 09:49:08 WIB

    Ini Cara Membuat Kripik Pisang Batu Nan Renyah untuk Lebaran

    Ini Cara Membuat Kripik Pisang Batu Nan Renyah untuk Lebaran HARIANHALUAN.COM -- Kripik pisang batu atau pisang kepok menjadi kue camilan wajib saat lebaran. Rasanya yang sedikit manis dan gurih menambah rasa ingin lagi dan lagi saat menyantapnya. Tapi, tahukah Anda tips untuk membuat .
  • Ahad, 17 Mei 2020 - 10:05:36 WIB

    Cara Membuat Kambang Loyang, Kue Legendaris yang Tetap Eksis

    Cara Membuat Kambang Loyang, Kue Legendaris yang Tetap Eksis HARIANHALUAN.COM -- Selain berbagai kue kering seperti kue nastar, kue putri salju dan kue kastengel yang disajikan saat lebaran tiba. Biasanya makanan lainnya yang harus ada di atas meja adalah kue-kue tradisional dari berba.
  • Sabtu, 16 Mei 2020 - 09:31:33 WIB

    Cara Membuat Gulai Kapalo Lauak Khas Pariaman

    Cara Membuat Gulai Kapalo Lauak Khas Pariaman HARIANHALUAN.COM - Gulai Kapalo Lauk atau Gulai Kepala Ikan menjadi menu makanan yang wajib dicoba saat melancong ke kota Tabuik ini. Pasalnya, sebagai kuliner seafood khas Ranah Minang ini memiliki citarasa yang kaya akan re.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]