Berikut Isi Surat Edaran Bupati Pessel Terkait Salat Idul Fitri 1441 Hijriah


Rabu, 20 Mei 2020 - 10:33:59 WIB
Berikut Isi Surat Edaran Bupati Pessel Terkait Salat Idul Fitri 1441 Hijriah Hendrajoni

PESSEL, HARIANHALUAN.COM - Beberapa hari lagi Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah akan datang. Biasanya masyarakat melakukan salat Ied di lapangan terbuka, namun di tengah pandemi saat sekarang ini pemerintah pusat maupun daerah memilih kebijakan melarang salat Ied dilakukan di lapangan terbuka.

Hal tersebut dilakukan untuk dapat mencegah penularan virus corona semakin luas lagi. Bupati Pesisir Selatan juga telah mengeluarkan Surat Edaran mengenai pelaksanaan salat Idul Fitri 1441 Hijriah.

Dikutip dari akun Instagram @pessel_info pada Rabu (20/5) surat edaran tersebut mengatakan Pelaksanaan Salat Idul Fitri di Kabupaten Pesisir Selatan Dilarang dilaksanakan. Keputusan tersebut diambil setelah Pemkab Pessel melakukan musyawarah bersama dengan MUI Kabupaten Pessel.

Namun, masjid atau musala dapat menggelar Salat Ied jika memenuhi kriteria sebagai berikut.

-Lokasi masjid dan musala tidak berada dipinggir jalan raya nasional, tidak berada di pusat ibukota kabupaten, dan tidak berada di pusat keramaian seperti pasar.
-Bagi jamaah Solat Ied hanya untuk masyarakat setempat dan tidak berbaur dengan warga pendatang, tidak disarankan bagi masyarakay yang memiliki penyakit beresiko, dan tidak disarankan bagi masyarakat yang berusia lanjut.
-Setiap jamaah dan masjid atau musala harus menerapkan protokol kesehatan. Seperti menyediakan tempat cuci tangan, kemudian menggunakan masker, membawa sajadah tersendiri, dan Salat Ied dilakukan secara iqtisad (sederhana). 

Di surat tersebut menegaskan bagi masjid atau musala dan jamaah yang tidak memenuhi kriteria tersebut agar dapat melaksanakan Salat Ied di rumah masing-masing dengan mempedomani Fatwa MUI Indonesia No 28 Tahun 2020 tentang Panduan Kaifiat Salat Idul Fitri saat Pandemi Covid-19. (*)

Reporter : Merinda Faradianti /  Sumber : Instagram pessel_info /  Editor : Heldi Satria
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]