Kenalkan Prakerja.org, Platform Tandingan dari Kartu Prakerja


Rabu, 20 Mei 2020 - 13:13:40 WIB
Kenalkan Prakerja.org, Platform Tandingan dari Kartu Prakerja ilustrasi kartu prakerja

HARIANHALUAN.COM -- Sebuah situs bernama Prakerja.org muncul di tengah polemik Kartu Prakerja yang diterbitkan pemerintah. Alih-alih mengharuskan pengguna membayar, platform pelatihan berbasis daring itu menyediakan seluruh materinya secara gratis. Kehadiran Prakerja.org adalah kritik atas Kartu Prakerja. 

Lewat program itu, pemerintah berdalih membantu warga yang kehilangan pekerjaan akibat Covid-19 dengan menyediakan pelatihan secara daring. Pemerintah pun menganggarkan Rp5,6 triliun untuk program Kartu Prakerja. Alokasinya, Rp3,5 juta per orang dengan rincian Rp1 juta untuk biaya pelatihan, Rp600 ribu per bulan selama empat bulan dan insentif survei Rp150 ribu.

"Kami mau kritik pemerintah, apakah benar masyarakat yang mendaftar Prakerja itu butuh pelatihan? Jangan-jangan mereka hanya butuh makan dan butuh bertahan hidup," kata salah satu inisiator Prakerja.org Andri W Kusuma, Selasa (19/5/2020).

Dasar hadirnya Prakerja.org ini adalah keprihatinan atas program Kartu Prakerja. Pelatihan semacam itu bisa didapat secara gratis, tapi malah dihargai jutaan rupiah. Lagipula, penganggarannya tidak transparan. Dana sebesar Rp5,6 triliun itu sangat besar. Di masa pandemi Corona ini, orang yang kehilangan pekerjaan lebih butuh makan daripada pelatihan.

Semua pelatihan di Prakerja.org diberikan gratis, tidak mengutip biaya apa pun, tidak menarik keuntungan komersial dan tidak memberikan insentif apa pun kepada pihak manapun terkait konten yang dipublikasikan. Jika ada pendapatan untuk Prakerja.org, misalnya dari iklan, donasi, atau pendapatan lainnya, maka akan dipergunakan untuk membiayai operasional.

Ada lima jenis pelatihan yang bisa diikuti di Prakerja.org. Yakni wirausaha dan ide bisnis, pengembangan diri, bisnis dan keuangan, teknologi dan software, serta bisnis digital. Ada juga kelas training diberikan secara live. Materi-materi yang ada di Prakerja.org ditata sesuai dengan bidang relevan bagi masyarakat. Konten-konten telah disaring sebelum dimasukkan ke platform.

Sejak dirilis 15 Mei 2020 lalu, hingga kini sudah ada ribuan pemilik konten, utamanya video yang menawarkan materi pelatihan secara gratis. Padahal, di awal itu hanya tersedia sekitar 168 konten. Mitra Kartu Prakerja pemerintah tak menutup kesempatan kolaborasi dari kalangan masyarakat. 

Utamanya, soal pengisian konten secara suka rela yang bisa ditampilkan sebagai konten Rp0 alias gratis atau Rp1 per pelatihan. Manajemen Kartu Prakerja akan terus melakukan perbaikan terbuka pada kritik. "Kalau ada teman-teman yang punya modul lebih bagus, dibagikan ke teman-teman peserta, ditulis harganya Rp 0 atau Rp 1 itu bisa. Tidak perlu bersitegang gratis-tidak gratis dan murah-mahal," kata Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja, Denni P. Purbasari. (*)

 Sumber : Haluan Media Group /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]