Waduh! Rumah Orang Kaya Dipasang Stiker Penerima Bantuan Covid-19 di Kota Solok


Rabu, 20 Mei 2020 - 13:42:14 WIB
Waduh! Rumah Orang Kaya Dipasang Stiker Penerima Bantuan Covid-19 di Kota Solok Rumah orang kaya di Kota Solok yang menerima bantuan terdampak Covid-19.

HARIANHALUAN.COM -- Polemik bantuan langsung tunai (BLT) yang diberikan oleh pemerintah untuk warga terdampak Covid-19 terus bermunculan, tak terkecuali di Kota Solok. Warga Kota Solok menyayangkan pemerintah setempat tidak selektif dalam mendata orang yang menerima bantuan tersebut. 

Seperti yang terlihat di salah satu rumah di Kota Solok ini pada Rabu (20/5/2020). Warga heran karena rumah tersebut bagus dan memiliki mobil, namun ada stiker berwarna kuning dengan tulisan OP BDC (Orang Penerima Bantuan Dampak Covid- 19 ) dan dibawahnya juga tercantum golongan pra sejahtera.

"Pemerintah kurang selektif dalam melakukan pendataan bagi calon pemerima bantuan sehingga yang tidak patut dan mungkin kiranya memerima juga. Ada penerima bantuan yang ekonominya mapan," papar salah seorang warga, Andri pada harianhaluan.com.

Sementara, Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Dinsosnaker) Kota Solok mengakui sudah mendapatkan informasi terkait hal tersebut. Hanya saja, dalam BLT ini, pihaknya tak terlibat dalam pendataan. "Kalau memang keluarga itu pra sejahtera, tentu rumahnya semi permanen, tidak punya mobil dan peralatan rumah tangga lainnya yang mewah," sebut Kadinsosnaker Kota Solok, Zulfadli.

Dia menyebut, yang mendata itu adalah Ketua RT/ RW, kemudian diajukan ke kelurahan dan pihak kelurahan mengajukan ke Camat, lalu setelah diteruskan ke Dinas Sosial. Dinas Sosial sendiri juga tidak berhak membantah dan mengakomodir orang-orang yang diajukan tersebut. 

Untuk bantuan awal, kata Zulfadli, sudah disalurkan sebanyak Rp250 ribu, kemudian beras 25 Kilogram. Sekarang sedang berjalan bantuan tahap ke-II. Pada tahap ke-II ini tidak ada lagi beras, namun bantuan uang tunai Rp600 ribu per bulan. Jumlah kepala keluarga yang menerima bantuan sebanyak 6.248 kepala keluarga. (*)

Reporter : Alfian /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 08 Mei 2020 - 13:57:07 WIB

    Waduh! Angka Positif Covid-19 di Sumbar hampir 300 Orang

    Waduh! Angka Positif Covid-19 di Sumbar hampir 300 Orang PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Kembali ada penambahan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Sumbar. Kali ini, per Jumat (8/5/2020), terjadi penambahan 18 orang. Total, jumlah warga Sumatera Barat (Sumbar) yang terkonfirmasi po.
  • Senin, 04 Mei 2020 - 16:15:40 WIB

    Waduh! Angka Positif Covid-19 di Sumbar Sudah 203 Orang

    Waduh! Angka Positif Covid-19 di Sumbar Sudah 203 Orang PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Kasus Covid-19 di Sumbar terus menanjak, setelah pada Minggu (3/5/2020) tercatat 195 orang positif, pada Senin (4/5/2020), angka tersebut bertambah menjadi 203 orang. Per Senin, ada tambahan 8 oran.
  • Jumat, 01 Mei 2020 - 18:13:52 WIB

    Waduh! Akses Keluar Masuk Sumbar Ditutup, Hanya Kendaraan Ini yang Bisa

    Waduh! Akses Keluar Masuk Sumbar Ditutup, Hanya Kendaraan Ini yang Bisa PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Pasca pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di wilayah Provinsi Sumatera Barat serta larangan mudik oleh pemerintah, petugas yang tergabung dalam Operasi Ketupat Singgalang 2020 tela.
  • Jumat, 03 April 2020 - 16:24:44 WIB

    Waduh! 20 Calon Perwira Polisi Asal Sumbar Positif Rapid Test di Sukabumi

    Waduh! 20 Calon Perwira Polisi Asal Sumbar Positif Rapid Test di Sukabumi PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Sebanyak 20 siswa Setukpa (Sekolah Pembentukan Perwira) dari 46 siswa Setukpa asal Sumbar yang dikarantina atau diisolasi di Lemdiklat Polri, Sukabumi dinyatakan positif dari pemeriksaan rapid test.
  • Kamis, 02 April 2020 - 16:10:46 WIB

    Waduh! Ada Dua Balita PDP Corona Dirawat di Padang

    Waduh! Ada Dua Balita PDP Corona Dirawat di Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Dua orang balita saat ini tengah mendapatkan perawatan intensif di ruang isolasi RSUP DR. M. Djamil Padang. Diketahui, keduanya mengalami gejala demam, batuk dan sesak nafas dan dilakukan penangana.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]