Saatnya Niniak Mamak Ikut Andil dalam Pemutusan Rantai Covid-19 di Sumbar


Rabu, 20 Mei 2020 - 14:18:21 WIB
Saatnya Niniak Mamak Ikut Andil dalam Pemutusan Rantai Covid-19 di Sumbar Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit saat menggelar vicon bersama niniak mamak se-Sumbar.

HARIANHALUAN.COM -- Keberadaan niniak mamak di Minangkabau harus dijadikan panutan adat bagi anak dan kemenakan. Sebagai penghulu, harus dimaknai secara mendalam peran pentingnya dalam kehidupan bermasyarakat, termasuk penanganan Covid-19. Dalam percepatan penanggulangan wabah, tokoh masyarakat menjadi kunci penanganan dan upaya menghentikan pandemi di wilayahnya.

Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit mengatakan, peran dan dukungan kalangan niniak mamak sangat penting, terutama dalam mengingatkan anak-kemenakan agar mentaati berbagai imbauan pemerintah, program sosial-physical distancing, kurangi aktivitas diluar rumah dan berbagai seruan lain.

"Niniak mamak basilengah, anak kamanakan basiarak jo baserak, lain padang lain bilalang, lain nagari lain penanganannya," kata Nasrul Abit melalui vidcon bersama niniak mamak, Rabu (20/5/2020) siang.

Namun Nasrul menyayangkan, adanya salah satu daerah yang pelit mengirim tes swab ke Laboratarium Kesehatan RS Unand Padang dengan berharap daerahnya bisa dikatakan bersih dari Covid-19. Ini merupakan cara yang salah, sikap kepala daerahnya yang enggan mengirim sampel swab serta tracking terhadap warganya akan menyebabkan dampak yang besar di kemudian hari.

Masyarakat harusnya bisa memeriksakan kesehatan pada rumah sakit, disinilah peran niniak mamak mengajak kaumnya untuk periksakan diri. Padahal, seluruh pembiayaan tes Swab menjadi tanggung jawab Pemprov Sumbar. Virus Covid-19 bukan penyakit aib yang tidak perlu ditakuti, inilah yang perlu diluruskan oleh para niniak mamak. 

"Kalau tidak, bakal banyak merenggut nyawa masyarakat. Dan ini akan dipertanggungjawabkan kepala daerah bersangkutan kepada Allah SWT," katanya.

Nasrul Abit juga mengajak pemangku adat Minangkabau di Sumbar harus pro aktif perang melawan Covid-19 dengan mendata warganya datang mudik ke daerahnya dengan melakukan isolasi. Saat ini, ada 420 orang terinfeksi Covid-19 di Sumbar yang berasal dari luar yaitu para pemudik yang masuk ke Sumbar. 

Perlu ketegasan petugas di perbatasan untuk melarang semua kendaraan penumpang yang masuk ke Sumbar dan kendaraan antar kabupaten kota. Selanjutnya kepada Kabupaten dan Kota diberikan kebijakan sesuai kearifan lokal masing-masing daerah. Dan memperketat pemeriksaan seluruh pintu masuk di jalur-jalur perbatasan. 

"Setelah jalur udara dan laut, kali ini jalur darat. Langkah ini, sebagai upaya mencegah masuknya Covid-19 ke Sumbar," tambahnya.

Pintu masuk jalur darat ke Sumbar cukup banyak, masing-masing dari Riau melalui Kabupaten Limapuluh Kota, dari Jakarta hingga Jambi melalui Dharmasraya, dari Medan melalui Pasaman, dan dari Bengkulu melalui Pesisir Selatan. Seharusnya, Niniak Mamak berperan aktif dalam menutup semua jalan-jalan tikus masuk wilayah Sumbar dengan berbagai langkah yang dilakukan untuk memaksimalkan usaha memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

"Untuk memaksimalkan langkah antisipasi, perlu peran dan dukungan semua pihak, terutama kalangan ninik mamak, dalam mengawasi, mendampingi serta melindungi anak kemenakan, bahkan masyarakat dari serbuan virus mematikan itu, Intinya, masyarakat dituntut untuk bisa disiplin, dengan disiplin seluruh masyarakat, kita yakin kondisi ini akan segera berlalu. Dukungan masyarakat adalah kunci utama," katanya. (*)

Reporter : Metria Indeswara /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 19 Maret 2020 - 19:49:56 WIB

    10 Tahun Wakili Masyarakat, Tokoh Minang: Saatnya Mulyadi Pimpin Sumatera Barat

    10 Tahun Wakili Masyarakat, Tokoh Minang: Saatnya Mulyadi Pimpin Sumatera Barat PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Anggota DPR RI Mulyadi menyatakan siap maju Pilgub Sumbar 2020. Pun kinerjanya selama ini di parlemen disebut mewakili suara sejumlah warga di Tanah Minang..
  • Sabtu, 08 Februari 2020 - 12:13:34 WIB

    HPN 2020, Mulyadi: Sudah Saatnya Sumbar Punya Museum Pers Indonesia

    HPN 2020, Mulyadi: Sudah Saatnya Sumbar Punya Museum Pers Indonesia PADANG, HARIANHALUAN.COM - Anggota DPR RI asal Sumbar Ir. H. Mulyadi berpendapat, sudah saatnya di Sumatera Barat digagas pembangunan Museum Pers Indonesia (MPI), sehingga jejak sejarah pers yang luar biasa di daerah ini term.
  • Senin, 30 September 2019 - 17:05:17 WIB

    Pimpinan DPRD Sijunjung Dilantik: Saatnya Bekerja Buktikan Janji Kampanye

    Pimpinan DPRD Sijunjung Dilantik: Saatnya Bekerja Buktikan Janji Kampanye SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.COM – Pasca-Pemilu 2019, Ketua DPRD Sijunjung terpilih Bambang Surya Irwan dari partai Gerindra menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasinya terhadap jajaran Polri dan TNI khususnya aparat keam.
  • Jumat, 09 Februari 2018 - 10:09:28 WIB

    OSO: Saatnya Minang Bangkit!

    OSO: Saatnya Minang Bangkit! PADANG, HARIANHALUAN.COM – Keinginan agar Minangkabau kembali bangkit, seirama dengan pemikiran Ketua Umum Gerakan Ekonomi dan Budaya (Gebu) Minang, Oesman Sapta Odang Datuak Bandaro Sutan Nan Kayo. Menurut OSO –panggilan.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]