Sejak PSBB, Pengusaha Ayam Petelur di Tanah Datar Tapakiak


Rabu, 20 Mei 2020 - 14:43:41 WIB
Sejak PSBB, Pengusaha Ayam Petelur di Tanah Datar Tapakiak ilustrasi ayam petelur

HARIANHALUAN.COM -- Sejak pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di sejumlah daerah, harga jual telur ayam ras pun anjlok di tingkat produsen. Hal ini terjadi sejak pertengahan April lalu. Harga perbutir telur ayam ras anjlok hingga Rp750, sedangkan modal bagi peternak Rp1.025 perbutirnya. 

"Kondisi sulit ini saya alami sejak pertengahan april lalu. Kita sebagai peternak rugi besar karena jatuhnya harga jual telur saat ini. Jika saja kondisi ini tidak cepat berakhir, banyak peternak ayam petelur akan gulung tikar. Ini terjadi lantaran permintaan jauh berkurang dari biasanya akibat melemahnya daya beli masyarakat," kata pengusaha ayam petelur, Indra Gunalan kepada HarianHaluan.Com, Kamis (20/5/2020).

Dikatakannya, selama ini dia memasarkan telur ayam ras tersebut di tiga daerah yakni, Jakarta, Bengkulu dan Palembang. Sejak sebulan belakangan dengan buruknya harga jual di pasaran tersebut membuat peternak kewalahan untuk tetap bertahan. "Alhamdulillah kita ada dana cadangan, sehingga kita bisa tetap pertahankan ayam dalam kandang," sebutnya. 

Ditambahkannya, dalam sebulan, sejak pertengahan April kemarin, dia mengaku rugi belasan juta sehari. Jika tak ada cadangan dana, pilihannya kandang dikosongkan dan ayam terpaksa dijual jadi ayam pedaging karena harganya masih bagus saat ini berkisar Rp20 ribu perkilonya. 

"Mulai hari ini di Jakarta dan daerah lain tempat pemasaran saya ini harga sudah naik menjadi Rp1.100 perbutir atau Rp16.600 perkilogramnya. Dengan harga ini, mulai seimbang modal dengan harga jual," kata Wali Nagari Tigo Jangko Lintau itu merinci besaran harga jual telur.

Indra Gunalan sendiri menggeluti usaha ayam petelur itu sejak empat tahun lalu dan kini di kandang ayamnya terdapat sebanyak 175 ribu ekor ayam dengan hasil telur tiap hari berkisar 145 ribu butir. (*)

loading...
Reporter : Feri Maulana /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]