Ini Syarat yang Harus Dipatuhi Jika Ingin Salat Ied Berjamaah di Masjid dan Lapangan


Rabu, 20 Mei 2020 - 14:59:25 WIB
Ini Syarat yang Harus Dipatuhi Jika Ingin Salat Ied Berjamaah di Masjid dan Lapangan Ketua MUI Sumbar, Gusrizal Gazahar

HARIANHALUAN.COM -- Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumbar menegaskan bahwa Salat Idul Fitri 1441 Hijriah tetap dilaksanakan di rumah saja bersama keluarga inti. Langkah tersebut diambil sebagai upaya antisipasi penularan virus Covid-19 di masyarakat.

"Jika ada masyarakat yang ingin Salat Id di lapangan atau masjid, maka pemerintah daerah harus bisa memastikan bahwa daerah tersebut warganya tidak ada satupun yang terjangkit virus Covid-19," kata Ketua MUI Sumbar Buya Gusrizal Datuak Palimo Basa, Rabu (20/5/2020).

Dalam pelaksanaannya, daerah yang bersangkutan dipastikan benar-benar aman dari paparan Covid-19, artinya tidak ada warga yang pernah terinfeksi positif dan dikategorikan zona hijau. Disamping itu, pemerintah daerah juga harus berkoordinasi dengan organisasi keagamaan dan tokoh masyarakat di wilayah tersebut.

Lanjut Buya, bagi daerah yang tetap melaksanakan Salat Id bisa ditunaikan selama ada jaminan dan pengawasan dari pemerintah setempat, didukung fasilitas kepada umat untuk menunaikan ibadah sehingga tidak mengantarkan diri ke dalam kebinasaan. Apabila tidak ada jaminan tersebut, maka MUI Sumbar tidak merekomendasikan penyelenggaraan Salat Idul Fitri 1441 H secara berjamaah di lapangan maupun di masjid.

Penyelenggaraan Idul Fitri 1441 di Sumbar, tetap tidak keluar dari ketentuan-ketentuan Maklumat MUI Sumbar Nomor: 007/MUI-SB/IV/2020, yang berbunyi agar tidak melakukan ibadah salat berjamaah di lapangan maupun di masjid mengingat perkembangan penularan Covid-19 di Sumbar.

"Untuk itu, Bupati dan Wali Kota bersama Forkompimda jika harus mengizinkan Salat Ied (zona hijau-red), tetap perhatikan keselamatan jemaah dari Covid-19," tutupnya. (*)

Reporter : Metria Indeswara /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]