Pelaksanaan Tradisi Mambantai di Agam Menurun dari Tahun Lalu


Rabu, 20 Mei 2020 - 16:02:17 WIB
Pelaksanaan Tradisi Mambantai di Agam Menurun dari Tahun Lalu Sapi yang biasa dibantai saat perayaan Idul Fitri.

HARIANHALUAN.COM -- Dinas Pertanian Kabupaten Agam, memprediksi ternak yang akan di potong menjelang hari raya Idul Fitri 1441 Hijriyah, sedikit mengalami penurunan dibanding tahun sebelumnya. Kasi Kesmavet Dinas Pertanian Agam, Iswan Hendri, menyebutkan, sesuai data sementara ternak yang akan di potong jelang Idul Fitri tahun ini 661 ekor, dari 8 delapan kecamatan yang melakukan pemotongan. 

“Jumlah ini menurun dibanding tahun sebelumnya yang berjumlah 667 ekor,” sebutnya, Selasa (19/5/2020).

Dikutip dari Agam Media Center, Iswan mengatakan, jumlah itu bisa saja mengalami peningkatan, karena ini baru hasil pemeriksaan sementara dari petugas di lapangan. Ternak yang akan dipotong adalah sapi dan kerbau. Delapan kecamatan yang melakukan pemotongan di Kabupaten Agam, terdapat satu kecamatan mengalami penurunan yaitu Kecamatan Lubuk Basung. 

Tahun lalu, Kecamatan Lubuk Basung memotong ternak 309 ekor, tahun ini diprediksi menurun jadi 300 ekor. “Meski jumlah ternak yang dipotong berkurang, tetapi tidak mempengaruhi kepada bobot daging yang dihasilkan,” sebut Iswan.

Artinya, jika sebelumnya masyarakat memotong tiga ekor sapi, sekarang di potong dua ekor sapi dengan bobot lebih besar seperti, sapi simental dan sapi impor brahman cross. Sedangkan untuk bobot daging yang dihasilkan masih sama. Sementara itu, kecamatan yang jumlahnya meningkat seperti Kecamatan Matur, dari 12 ekor menjadi 14 ekor. Kecamatan Malalak dari 10 ekor, menjadi 11 ekor.

Kemudian kecamatan yang jumlahnya masih sama dengan tahun sebelumnya yaitu, Kecamatan Tanjung Mutiara sebanyak 101 ekor, Kecamatan Tanjung Raya 33 ekor, Ampek Nagari 94 ekor, Kecamatan Palembayan 97 ekor dan Kecamatan Palupuah 11 ekor. (*)
 

Reporter : Metria Indeswara /  Sumber : Agam Media Center /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 17 Mei 2020 - 13:47:58 WIB

    Inii Jadwal Pelaksanaan Spesimen Massal Penanggulangan Covid-19 di Sawahlunto

    Inii Jadwal Pelaksanaan Spesimen Massal Penanggulangan Covid-19 di Sawahlunto HARIANHALUAN.COM - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Sawahlunto melaksanakan pengambilan spesimen massal dalam rangka waspada Covid-19..
  • Jumat, 14 Februari 2020 - 12:11:54 WIB

    Bupati Yuswir Arifin Tinjau Pelaksanaan Tes SKD CPNS

    Bupati Yuswir Arifin Tinjau Pelaksanaan Tes SKD CPNS SIJUNJUNG,HARIANHALUAN.COM- Bupati Sijunjung H.Yuswir Arifin meninjau pelaksanaan tes hari pertama Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kabupaten Sijunjung, Jumat (14/2) di Gedung Universitas Pute.
  • Kamis, 04 Mei 2017 - 01:41:34 WIB

    Komisi II Tinjau Pelaksanaan UNBK

    Komisi II Tinjau Pelaksanaan UNBK BUKITTINGGI, HALUAN – Di hari kedua pelaksanaan Ujian Nasioanal Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SLTP di Bukittinggi, Komisi II DPRD kembali meninjau pelaksanaan UNBK tersebut ke sejumlah sekolah, Rabu (3/2)..
  • Selasa, 19 Juli 2016 - 06:02:59 WIB

    Disdik Pantau Pelaksanaan PLS

    SAWAHLUNTO, HALUAN — Pelak­sanaan masa Orientasi siswa (MOS) atau sekarang Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) disetiap sekolah di kota ini, harus dilaksanakan langsung oleh kepala sekolah bersama majelis guru, sesua.
  • Jumat, 08 Juli 2016 - 17:23:13 WIB

    Lebaran, Pemnag Talunan Sidak Pelaksanaan Proyek ADD

    Lebaran, Pemnag Talunan Sidak Pelaksanaan Proyek ADD SOLOK SELATAN, HALUAN--Pemerintahan Nagari (Pemnag) Talunan Maju, Kecamatan Sangir Balai Janggo, Kabupaten Solok Selatan, melaksanakan inspeksi mendadak (sidak) pelaksanaan proyek yang dibiayai oleh Alokasi Dana Desa (ADD). S.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]