Zona Hijau Covid-19, Siberut dan Sikakap Boleh Gelar Salat Ied Berjamaah


Rabu, 20 Mei 2020 - 16:11:33 WIB
Zona Hijau Covid-19, Siberut dan Sikakap Boleh Gelar Salat Ied Berjamaah ilustrasi salat Ied

HARIANHALUAN -- Berada di wilayah zona hijau penyebaran virus corona atau Covid-19, umat muslim di Pulau Siberut dan Sikakap serta Pagai Utara dan Selatan boleh menyelenggarakan salat Idul Fitri 1441 H secara berjemaah, namun tetap mentaati protokol kesehatan. Hal tersebut merupakan hasil keputusan rapat bersama antara Pemerintah dengan para tokoh agama.

Beberapa wilayah di Kepulauan Mentawai terdapat zona hijau, sementara itu wilayah Sipora Utara dan Selatan saat ini tidak diizinkan salat berjamaah di masjid dikarenakan adanya penyebaran virus corona sudah mewabah. Kendati demikian masih tetap bisa mengumandangkan adzan dan memutar takbir pada malam takbiran.

"Jadi berdasarkan hasil diskusi kita dengan tokoh agama dan berbagai pertimbangan atas beberapa aturan yang berlaku terkait PSBB serta surat edaran dari MUI dan pertimbangan lainnya. Maka, untuk wilayah zona hijau diperbolehkan salat Ied berjamaah, sedangkan untuk Pulau Sipora, sementara ini hanya boleh salat Ied di rumah saja," Kata Bupati Kepulauan Mentawai Yudas Sabaggalet selaku Ketua Gugus Tugas. 

Sementara itu, Juru bicara kesehatan percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Kepulauan Mentawai Lahmuddin Siregar memaparkan hal-hal yang harus dilakukan dalam melaksanakan shalat idul fitri di tengah-tengah pandemi virus corona. 

"Kita imbau kepada pengurus masjid agar melakukan sterilisasi penyemprotan desinfektan sebelum atau sesudah melaksanakan salat Ied, kemudian membawa sejadah sendiri, menyiapkan sabun cuci tangan dan menggunakan masker serta menjaga jarak," paparnya.

Disamping itu, kata Lahmuddin, pihaknya juga akan menugaskan tim kesehatan untuk melakukan pengecekan suhu tubuh, agar yang melaksanakan shalat tidak ada yang terindikasi sakit atau demam.

Sementara itu, Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Sipora Utara, M. Mujamma’ul Khair mewakili Kepala Kemenag Mentawai menyampaikan meskipun wilayah zona hijau diperbolehkan salat Ied berjamaah, tapi tetap harus memperhatikan maklumat MUI. "Tetap menjaga jarak, tidak berjabat tangan dan mempersingkat kutbah," tutupnya. (*)

Reporter : Redi /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]