Sikat Gigi 2 Kali Sehari Bisa Lho Cegah Kena Virus Corona, Begini Penjelasan Dokter


Rabu, 20 Mei 2020 - 22:46:21 WIB
Sikat Gigi 2 Kali Sehari Bisa Lho Cegah Kena Virus Corona, Begini Penjelasan Dokter Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Virus Corona COVID-19 menular melalui droplet atau percikan yang keluar saat bersin dan batuk. Ini menandakan virus Corona bisa berkumpul di dalam lendir saluran pernapasan.

Karena itu, Ketua Umum Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), Dr drg RM Sri Hananto Seno, SpBM(K), MM, mengatakan sebaiknya masyarakat lebih rutin menjaga kebersihan rongga mulut.

"Kita perlu menjaga kebersihan rongga mulut. Masyarakat kami imbau untuk sikat gigi sehari dua kali, lalu kumur-kumur agar kebersihan rongga mulut tetap terjaga," kata Hananto, Rabu (20/5/2020).

Menurut Hananto, berbagai macam sumber penyakit, seperti kuman, bakteri, dan virus bisa sangat mudah masuk ke dalam tubuh melalui rongga mulut.

"Karena bagaimanapun rongga mulut adalah pintu gerbang masuknya kuman-kuman ini yang menyebabkan virus ini berkembang biak di tubuh kita," tuturnya.(*)

 Sumber : detik.com /  Editor : Nova Anggraini
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 29 Desember 2019 - 08:04:47 WIB

    Jarang dan Malas Ganti Sikat Gigi Bisa Bikin Ompong Lho...

    Jarang dan Malas Ganti Sikat Gigi Bisa Bikin Ompong Lho... KESEHATAN, HARIANHALUAN.COM - Kapan sikat gigi harus diganti? Kebanyakan orang pasti baru akan menggantinya setelah kondisi fisik dari sikat itu sudah rusak, bahkan bulunya copot dari tempatnya atau warnanya yang kusam..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]