OMG! 100 Orang di Korsel Tertular Covid-19, Ini Penyebabnya


Kamis, 21 Mei 2020 - 06:32:42 WIB
OMG! 100 Orang di Korsel Tertular Covid-19, Ini Penyebabnya Ilustrasi kelas dance (Foto: Getty Images/iStockphoto/Gizmo)

HARIANHALUAN.COM -- Lebih dari 100 kasus virus Corona COVID-19 di Korea Selatan dikaitkan dengan sebuah kelas dance baru-baru ini. Risiko penularan di pusat kebugaran kini diantisipasi.

Dilaporkan, belasan peserta kelas dance di Korea tertular virus Corona. Kelas tersebut merupakan pelatihan bagi instruktur yang diadakan di Cheonan pada 15 Februari.

Pelatihan intensif selama 4 jam tersebut diikuti 27 instruktur, 8 di antaranya dinyatakan positif COVID-19 meski tidak bergejala. Sehabis pelatihan, para instruktur ini melatih di kelas masing-masing.

Pada 9 Maret, teridentifikasi 112 kasus COVID-19 yang terhubung dengan kelas pelatihan dance tersebut. Kasus-kasus tersebut tersebar di 12 pusat kebugaran di Cheonan.

Separuh dari kasus tersebut terjadi karena penularan langsung dari instruktur ke peserta saat latihan. Satu sesi latihan berlangsung sekitar satu jam, dan digelar 2 kali sepekan.

Separuh lainnya terjadi karena penularan dari para peserta ke keluarga maupun rekan kerjanya. Keterkaitan lebih dari seratus kasus COVID-19 tersebut dilaporkan dalam jurnal ilmiah Emerging Infectious Disease.

"Kelembapan, atmosfer hangat di fasilitas olahraga berpadu dengan aliran udara turbulen yang dihasilkan dari olahraga fisik secara intens bisa menghasilkan penularan lebih rapat dari droplet terisolasi," tulis pada peneliti, dikutip dari detik.com, Kamis (21/5/2020). (*)

 Sumber : Detik.com /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]