Tips Silaturahmi Saat Idul Fitri Selama Covid-19 Sesuai Protokol Kesehatan


Kamis, 21 Mei 2020 - 06:38:11 WIB
Tips Silaturahmi Saat Idul Fitri Selama Covid-19 Sesuai Protokol Kesehatan Foto: iStock/Tips Silaturahmi Saat Pandemi Sesuai Protokol Kesehatan Cegah COVID-19

HARIANHALUAN.COM -- Puasa Ramadhan 2020 sebentar lagi berakhir dengan bergantinya bulan menjadi Syawal. Bulan Syawal diawali hari yang ditunggu dan disambut seluruh muslim yaitu Idul Fitri 1441 H atau Lebaran 2020.

"Inti Hari Lebaran adalah menjalin silaturahmi. Namun banyak yang menerjemahkan silaturahmi dengan bertamu, ketemu, kumpul-kumpul atau makan-makan. Padahal silaturahim nggak hanya itu. Kegiatan yang telah disebutkan adalah serba-serbi saat puasa Ramadhan," ujar Ustadz Hanan Attaki pada siaran kultum Cara Silaturahmi Sesuai Hadits Nabi, dikutip dari detik.com, Kamis (21/5/2020).

Ustaz Hanan mengutip hadist terkait silaturahmi yang diceritakan Uqbah bin Amir.

Artinya: "Sambunglah orang yang memutuskan hubungan denganmu, berilah kepada orang yang tidak memberi kepadamu, dan berpalinglah dari orang yang berbuat zalim kepadamu." (HR Ahmad).

Menurut Ustaz Hanan, hadist tersebut juga menggambarkan silaturahmi yang ideal dalam Islam. Silaturahmi ternyata tidak perlu terbebani pertemuan fisik yang menjadi anggapan umum masyarakat terkait silaturahmi.

Berikut tips dan tata cara silaturahmi saat Idul Fitri 1441 H selama pandemi corona:

1. Silaturahmi adalah dengan orang yang tidak menyenangkan

Ustaz Hanan menjelaskan, silaturahmi dilakukan dengan orang yang dianggap tidak menyenangkan karena berbagai hal. Jika bersama dengan orang-orang terdekat maka kegiatan tersebut bukan silaturahmi.

"Disebut silaturahmi jika ada yang bisa disambung. Artinya ada yang diputuskan. Kalau ketemu dengan orang yang nyaman jadinya menjaga, sementara perintah silaturahmi adalah menyambung," kata Ustaz Hanan.

2. Silaturahmi bisa dilakukan selama pandemi corona

Hadist tidak menetapkan cara tertentu untuk menjalin silaturahmi. Artinya, berbagai cara bisa dilakukan untuk menyambung hubungan yang terputus. Pandemi corona tak menghalangi silaturahmi yang tetap terjalin pada Idul Fitri 1441 H.

"Jika silaturahmi cuma bertamu maka nggak bisa karena ada zona merah dan PSBB. Tapi makna hadist adalah banyak cara misal bisa dengan memberi hadiah, mengirim pulsa, uang jajan, THR atau barang sehingga bisa tetap silaturahmi," kata Ustaz Hanan.

3. Silaturahmi berlaku dalam keluarga, bukan untuk mantan

Ustaz Hanan mengingatkan, silaturahmi berlaku untuk keluarga yang selama ini hubungannya kurang baik. Mantan tidak masuk dalam kriteria silaturahmi meski hubungannya sama-sama tidak baik.

"Silaturahmi cari dulu di antara keluarga besar yang selama ini renggang, berjarak, atau diem-dieman. Jika telpon direject atau bahkan diblock karena masalah waris, anak, atau beda pendapat. Cari yang renggang," kata Ustaz Hanan.

4. Peringatan bagi yang memutus silaturahmi

Allah SWT menjanjikan surga bagi siapa saja yang menyambung silaturahmi. Sebaliknya, Allah SWT memberi peringatan bagi siapa saja yang memutuskan tali silaturahmi.

"Sambungkanlah orang yang memutuskanmu. Nanti Allah SWT yang akan menyambungkannya dan mendekatkannya di surga," kata Ustaz Hanan. (*)

 Sumber : Detik.com /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 31 Mei 2020 - 20:26:42 WIB

    Tips Bersihkan Peralatan Elektronik Saat Masuk Kantor

    Tips Bersihkan Peralatan Elektronik Saat Masuk Kantor HARIANHALUAN.COM -- Setelah cukup lama memberlakukan bekerja dari rumah (WFH), sebagian perkantoran mulai meminta karyawannya untuk kembali bekerja dari kantor dan mulai beradaptasi dengan normal baru. Saat harus kembali ke k.
  • Kamis, 14 Mei 2020 - 13:52:31 WIB

    4 Tips Aman Belanja Online saat Corona, Cek di Sini

    4 Tips Aman Belanja Online saat Corona, Cek di Sini HarianHaluan.com - Pandemi corona dan kebijakan physical distancing membuat banyak orang beralih profesi menjadi penjual online dan membuka toko online. Ditambah pemain lama, praktis persaingan jualan online semakin ketat. .
  • Ahad, 10 Mei 2020 - 10:12:03 WIB

    4 Tips Wisata Belanja di Makkah

    4 Tips Wisata Belanja di Makkah Bisa beribadah sembari wisata sejarah dan religi di Makkah alias Mekah, Arab Saudi, merupakan impian setiap umat muslim di dunia..
  • Rabu, 06 Mei 2020 - 14:55:33 WIB

    Marak Aksi Pencurian Modus Pecah Kaca Mobil, Begini Tips Antisipasinya

    Marak Aksi Pencurian Modus Pecah Kaca Mobil, Begini Tips Antisipasinya JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Polda Metro Jaya memberikan tips untuk mengantisipasi pencurian dengan modus memecahkan kaca untuk mengincar barang berharga di dalam mobil..
  • Rabu, 06 Mei 2020 - 12:51:19 WIB

    Ibu Menyusui Ingin Berpuasa? Ini Tips Sukses Melakukannya

    Ibu Menyusui Ingin Berpuasa? Ini Tips Sukses Melakukannya JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Dalam ajaran agama Islam, ibu menyusui memiliki 'kebebasan' untuk tidak turut berpuasa selama bulan Ramadan. Sebagai gantinya, sang ibu harus menggantinya dengan berpuasa di lain hari atau me.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]