Penyaluran BLT DD Ricuh, Kantor Wali Nagari Muara Kandis Pessel Diamuk Massa


Kamis, 21 Mei 2020 - 09:42:01 WIB
Penyaluran BLT DD Ricuh, Kantor Wali Nagari Muara Kandis Pessel Diamuk Massa Dok Padangkita.com

HARIANHALUAN.COM -- Penyaluran BLT Dana Desa di Nagari Muara Kandis Pessel berakhir ricuh. Pasalnya, ratusan warga mendatangi kantor Wali Nagari Muara Kandis karena tidak mendapatkan BLT Dana Desa Tersebut.

Tak ayal Kantor Wali Nagari Muara Kandis sempat akan disegel dan terdapat beberapa kaca kantor yang pecah. Warga menuduh aparat desa tidak adil dalam pembagian bantuan sosial tersebut.

Dikutip dari akun Instagram @pessel_info pada Kamis (21/5) kejadian tersebut terjadi pada hari Rabu dan kericuhan dimulai pada pukul 11.00 WIB. Tak hanya itu masyarakat juga berpendapat bahwa bansos BLT Dana Desa tidak tepat sasaran.

Warga menilai yang menerima manfaat tidak sesuai dengan kriteria seperti memiliki rumah mewah dan memiliki kerabat dekat dengan aparat desa.

"Kenapa pembagian BLT seperti ini yang patut dapat tidak dapat. Apakah harus jadi kerabat wali nagari baru dapat BLT," kata salah seoranf warga yang melakukan demo di Kantor Wali Nagari Muara Kandis.

Tak hanya itu, masyarakat juga mengatakan kinerja aparat desa dalam penyaluran BLT Dana Desa tidak transparan dan terkesan ditutup-tutupi.

Wali Nagari Muara Kandis Kabupaten Pesisir Selatan, Helkamsi membenarkan adanya demonstrasi terkait pembagian BLT Dana Desa yang berjumlah Rp 600 ribu per bulan untuk satu Kepala Keluarga di nagari tersebut.

Ia menjelaskan untuk pembagian BLT Dana Desa di nagari yang ia pimpin telah selesai dan sesuai dengan protokol ketetapan pemerintah.

"Kami di sini juga ada pendamping desa atau nagari yang membantu dalam penyaluran BLT, saya rasa semuanya sudah sesuai dengan prosedurnya," jelas Helkamsi.

Helkamsi menilai tindakan anarkis yang dilakukan masyarakat merupakan dampak kesulitan ekonomi yang terjadi karena wabah Covid-19 di Kabupaten Pesisir Selatan tersebut. (*)

Reporter : Merinda Faradianti /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 29 Mei 2020 - 18:34:01 WIB

    Penyaluran BLT DD di Mentawai Dikawal Ketat Polisi

    Penyaluran BLT DD di Mentawai Dikawal Ketat Polisi HARIANHALUAN.COM - Sebanyak 187 Kepala Keluarga (KK) Warga Desa Matobe, Kecamatan Sipora Selatan, Jumat (29/5/2020) menerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) dan dikawal langsung oleh Aparat Kepolisian dan TNI..
  • Selasa, 19 Mei 2020 - 11:14:45 WIB

    Bupati Agam Imbau Perangkat Nagari Transparan dengan Penyaluran Bansos

    Bupati Agam Imbau Perangkat Nagari Transparan dengan Penyaluran Bansos HARIANHALUAN.COM -- Bupati Agam Indra Catri meminta perangkat nagari seperti camat dan wali nagari lebih tranparansi dal penyaluran bantuan Covid-19, baik Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari kemensos, provinsi maupun dari kabup.
  • Ahad, 17 Mei 2020 - 22:29:16 WIB

    Alhamdulillah! Penyaluran Bansos Tunai di Pessel Berjalan Lancar

    Alhamdulillah! Penyaluran Bansos Tunai di Pessel Berjalan Lancar HARIANHALUAN.COM -- Penyaluran Bantuan Sosial (Bansos) Tunai dari Kementerian Sosial RI (Kemensos) oleh PT. Pos Indonesia di Kecamatan Ranah Pesisir berjalan lancar, kata kata Kepala PT Pos Painan, Bakhrul Husni, Minggu (17/5.
  • Rabu, 22 Januari 2020 - 11:53:15 WIB

    Dari Target Rp25 Miliar Tersalurkan Rp34 Miliar, Penyaluran KUR Bank Nagari Sawahlunto Meningkat

    Dari Target Rp25 Miliar Tersalurkan Rp34 Miliar, Penyaluran KUR Bank Nagari Sawahlunto Meningkat SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM -- Sepanjang 2019, Bank Nagari Cabang Sawahlunto mengucurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebesar Rp34 miliar dari target Rp25 miliar. Untuk 2020 Bank Nagari Sawahlunto mengusulkan KUR sebanyak Rp35 .
  • Senin, 08 Agustus 2016 - 03:27:22 WIB

    DPRD Berbagi Ilmu Tentang Penyaluran Zakat

    PADANG PANJANG, HALUAN — DPRD Padang Panjang berbagi ilmu kepada Pansus DPRD Kota Bukittinggi tentang cara penyaluran zakat yang telah dilakukan oleh Pemko Padang Panjang. Hal tersebut terkait dalam rangka membahas Rancanga.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]