KNPI Tanah Datar Bagikan Sembako untuk Buruh hingga Pedagang Asongan


Kamis, 21 Mei 2020 - 11:22:46 WIB
KNPI Tanah Datar Bagikan Sembako untuk Buruh hingga Pedagang Asongan KNPI Tanah Datar bagikan sembako kepada masyarakat terdampak.

HARIANHALUAN.COM -- Progam Cegah Tangkal (Cekal) Covid-19 DPD KNPI Tanah Datar, melaksanakan pembagian sembako kepada masyarakat terdampak Covid-19. Warga yang diberi bantuan itu diantaranya pekerja harian lepas, kelompok lansia, pekerja serabutan, pedagang asongan dan pekerjaan lain yang kehilangan sumber mata pencaharian akibat wabah virus Corona ini.

Penggalangan dana yang dinamakan Pemuda Tanah Datar Peduli ini, bergerak dengan jargon 'Kita harus terus kuat dan bersatu untuk saling membantu satu sama lain di masa-masa berat ini' memberi paket sembako bernilai Rp100 ribu, degan rincian 5 kilogram beras, 1 liter minyak goreng dan 10 butir telur ayam.

Dalam kegiatan sosial itu, DPD KNPI Tanah Datar bekerjasama dengan Pramuka Peduli Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tanah Datar, Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Tanah Datar, Komunitas Lapak Baco, Bociling Social Care, Relawan Perubahan Tanah Datar, Tanah Datar Malala dan Sangka Mambaco.

Sekretaris KNPI Tanah Datar, Yhohannes Neoldy sebagai Koordinator aksi kepada HarianHaluan.com Kamis (21/5) mengatakan bahwa open donasi ini sudah berjalan sejak satu setengah bulan lalu, dan target penyaluran beberapa hari menjelang hari raya Idul Fitri.

"Donasi yang kumpulkan kami terima melalui rekening KNPI sebanyak Rp1.725.000, Bank Syariah Mandiri, Bank BRI dan Bank Nagari. Bantuan lain juga diterima dalam bentuk barang seperti beras, telur dan minyak goreng. Total keseluruhan donasi ini dibagi menjadi 81 paket sembako," katanya.

Dikatakannya, dalam mendistribusikan bantuan tersebut, kendaraan difasilitasi oleh Dinas Parpora Tanah Datar.

"Selain itu, kami bersinergi dengan KNPI Provinsi Sumatera Barat, KNPI Tanah Datar juga menerima 15 paket sembako dari DPD KNPI Sumatera Barat. KNPI Sumbar juga melibatkan KNPI di kabupaten/kota lain dalam berbagi sembako, bagi pemuda dan masyarakat terdampak Covid-19 ini," ujar Yhonannes Noeldi.

Bendahara KNPI Tanah Datar, Bayu juga menambahkan bahwa masyarakat yang menerima sembako adalah rekomendasi hasil dari pengamatan pengurus KNPI dan beberapa organisasi lainnya, yang sebelumnya diketahui memang tidak menerima program bantuan dalam bentuk lain dari pemerintah. Kemudian juga agar lebih terkoordinir, KNPI Tanah Datar berkoordinasi dengan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 untuk melaporkan hasil Donasi yang telah dilaksanakan.

“Kami merasa perlu untuk berkoordinasi dan melaporkan ini, agar bantuan yang kami salurkan tepat kepada yang berhak, bahkan nanti secara tertulis akan kami serahkan setelah pembagian di lakukan lengkap dengan lampirannya, baik kwitansi, foto copy buku rekening dan dokumen lainnya. Agar partisipasi masyarakat yang sudah membantu melalui KNPI dapat tercatat dengan baik,” ungkap Bayu.

Sementara itu, Ketua DPD KNPI Tanah Datar Hebby Rahmatul Utamy berharap, bantuan ini dapat sedikit meringankan beban kebutuhan pangan bagi masyarakat yang terdampak, semoga bermanfaat bagi masyarakat yang menerima, kata Hebby. Dalam proses pendistribusian bantuan, ia meminta seluruh pengurus yang turun ke lapangan untuk tetap sesuai protokol kesehatan, memakai masker guna mencegah dan memutus mata rantai penyebaran covid-19.

"Saya meminta rekan-rekan untuk memakai masker, menjaga jarak dan lebih penting juga turut serta mengedukasi masyarakat untuk rajin mencuci tangan dan menjaga kebersihan.” katanya. (*)

Reporter : Feri Maulana /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 04 April 2020 - 13:30:38 WIB

    Ketua KNPI Pasaman Tolak Pembangunan Gedung Baru DPRD

    Ketua KNPI Pasaman Tolak Pembangunan Gedung Baru DPRD PASAMAN, HARIANHALUAN.COM -- Pembangunan gedung baru DPRD Kabupaten Pasaman, mulai mendapat penolakan dari sejumlah elemen masyarakat di daerah itu. Ditambah lagi pembangunan gedung tersebut menelan dana hingga Rp20 miliar..
  • Selasa, 29 Januari 2019 - 16:27:59 WIB

    Pengurus KNPI Kota Solok Dikukuhkan, Fadli Amran: Jadi Pemersatu, Jangan Ikut Sebar Hoaks

    Pengurus KNPI Kota Solok Dikukuhkan,  Fadli Amran: Jadi Pemersatu, Jangan Ikut Sebar Hoaks SOLOK, HARIANHALUAN.COM—Sebagai wadah berhimpun organisasi kepemudaan, Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) harus siap menjawab tantangan kemajuan zaman dalam melahirkan generasi muda yang handal. KNPI diharapkan menjadi.
  • Selasa, 13 November 2018 - 16:52:36 WIB

    Musda KNPI Kota Solok, Peran Pemuda Warnai Arah Pembangunan Daerah  

    Musda KNPI Kota Solok, Peran Pemuda Warnai Arah Pembangunan Daerah   SOLOK, HARIANHALUAN.COM—Peranan generasi muda memiliki peran penting dalam pembangunan. Bukan saja karena pemuda sebagai lapisan masyarakat paling besar, namun yang paling penting adalah tanpa potensi dan kreativitas genera.
  • Kamis, 12 Oktober 2017 - 18:35:20 WIB

    Pascabanjir, DPD KNPI Pasbar Serahkan Bantuan untuk Warga

    Pascabanjir, DPD KNPI Pasbar Serahkan Bantuan untuk Warga PASBAR, HARIANHALUAN.COM--Ketua Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), Muhammad Guntara bersama Pengurus DPD KNPI Pasbar priode 2017-2019 meninjau langsung korban b.
  • Kamis, 18 Agustus 2016 - 03:19:03 WIB

    Ali Mukhni Ingin KNPI Padang Pariaman Perangi Narkoba

    Ali Mukhni Ingin  KNPI Padang Pariaman Perangi Narkoba PADANG PARIAMAN, HA­­­LUAN — Pemuda me­rupakan ujung tombak pemb­a­ngunan bangsa ini. Oleh karena itu, Bupati Padang Pariaman, Ali Mukhni me­ngajak generasi muda untuk menjahui dan memerangi pe­redaran Nakorba. Hal .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]