Bersiaplah! PNP Buka Pendaftaran SBMPN 2020, Begini Loh Syarat dan Cara Daftarnya


Kamis, 21 Mei 2020 - 13:31:25 WIB
Bersiaplah! PNP Buka Pendaftaran SBMPN 2020, Begini Loh Syarat dan Cara Daftarnya Direktur PNP Surfa Yondri. Ist

HARIANHALUAN.COM -- Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud bersama Forum Politeknik Negeri Se-Indonesia telah mengumumkan pendaftaran mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN) 2020 pada 19 Mei 2020 lalu. Dengan dibukanya jalur itu, Politeknik Negeri Padang (PNP) mendapatkan kuota khusus SBMPN sebanyak 601 kursi.

Direktur PNP, Surfa Yondri, pendaftaran SBMPN ini resmi dilaunching pada 19 Mei 2020 kemarin yang berlangsung hingga 25 Juni 2020 nanti. Ada 42 Politeknik Negeri yang ikut serta dalam SBMPN Politeknik ini. Politeknik Negeri itu, seperti Politeknik Negeri Batam, Politeknik Negeri Bengkalis. Termasuk Politeknik Negeri Padang.

"Pendaftaran ini serentak di Politeknik seluruh Indonesia. Tahun ini berubah nama menjadi SBMPN, dimana yang dulunya UMPN. Di tahun 2020 ada yang spesial dibandingkan dengan sistem yang dilaksanakan sebelumnya. Karena kita menyesuaikan dengan kondisi virus Covid-19," kata Surfa Yondri saat Sosialisasi SBMPN Tahun 2020 secara daring via aplikasi Zoom, Kamis (21/5/2020).

Bagi calon mahasiswa baru yang tertarik kuliah di PNP, kata Surya Yondri, ada sejumlah syarat yang harus diperhatikan, yakni Seleksi ini bisa diikuti oleh siswa Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Madrasah Aliyah (MA) dan Kejar Paket C.

"Siswa yang diperbolehkan mendaftar adalah lulusan tahun 2018, 2019 dan 2020. Kemudian calon mahasiswa harus memiliki rapor semester satu hingga enam, dan dilengkapi dengan ijazah, ataupun Surat Keterangan Lulus (SKL)," sebut Surfa Yondri.

Syarat lainnya, kata Surfa Yondri, siswa harus memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN). Selain itu, usia siswa yang mendaftar maksimal 21 tahun per tanggal 19 Mei 2020. Syarat penting lainnya adalah pendaftar belum diterima di jalur penerimaan Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN) 2020.

"Mereka harus memiliki NISN berusia 21 tahun per tanggal 19 Mei 2020. Bagi yang sudah lulus tapi tidak daftar ulang di SNMPN maka tidak bisa masuk SBMPN. Karena langsung terblokir oleh sistem," ulas Surfa Yondri.

Untuk jadwal pelaksanaannya, Surfa Yondri merinci, SBMPN dimulai Selasa, 19 Mei 2020 dan berakhir Kamis, 25 Juni 2020. Sementara pengumumannya pada Sabtu, 4 Juli 2020. Menariknya, pada tes SBMPN ini tidak ada tes tulis lantaran di tengah masa pandemi virus Corona atau Covid-19. Sehingga disepakati tesnya dari tatap muka melalui sistem online.

"Tes masuk melihat dari portofolio berdasarkan prestasi ekstrakulikuler, kemampuan lainnya. Selain itu mengacu pada nilai rapor mulai dari semester 1 hingga semester 6," imbuh Surfa Yondri.

Kendati demikian, Surfa Yondri mengingatkan kepada seluruh pelamar silahkan melakukan pendaftaran secara online melalui website https://sbmpn.politeknik.or.id/. Namun, perliu diperhatikan persyaratannya bagi yang memilih Politeknik Negeri Padang. Karena masing-masing prodi ada ketentuan tersendiri. (*)

Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]