Meski Zona Hijau, Pemko Sawahlunto Larang Salat Ied di Lapangan dan Masjid


Kamis, 21 Mei 2020 - 19:08:07 WIB
Meski Zona Hijau, Pemko Sawahlunto Larang Salat Ied di Lapangan dan Masjid Walikota Sawahlunto, Deri Asta dan Wawako.Zohirin Sayuti tegaskan pelarangan shalat Ied di lapangan dan di masjid. Ist

HARIANHALUAN.COM -- Pemerintah Kota (Pemko) Sawahlunto melarang pelaksanaan salat Idul Fitri 1441 Hijriah secara berjamaah di lapangan atau di masjid. Kebijakan ini diambil pemerintah daerah meski Sawahlunto masih aman dari kasus positif kasus corona virus diseases 2019 atau Covid - 19.

"Ini sangat berisiko sekali, meski kita masih dalam zona hijau, akan tetapi kemungkinan sangat besar akan terjadi pergeseran masyarakat dari zona merah yang ingin shalat Id ke Sawahlunto," ujar Walikota Sawahlunto, Deri Asta, Kamis (21/5/2020) di Balaikota setempat.

Keputusan larangan salat Ied berjamaah di lapangan maupun di masjid -masjid itu, lanjutnya, juga berdasarkan hasil keputusan atau kesekapatan bersama forum kemunikasi pimoinan dserah (Forkopimda), majelis ulama Indonesia (MUI), Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dan Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM). 

Selain itu, Wali Kota Deri Asta juga beralasan saat ini Pemko berada dalam tekanan berat karena dikepung oleh daerah zona merah karena hanya Sawahlunto dan Sijunjung yang masih bebas Covid - 19. "Untuk itu, kita anjurkan masyarakat untuk melaksanaan salat Ied di rumah. Melarang pelaksanaannya di lapangan atau di masjid dengan protokol dan edaran Kementerian Agama RI," ujarnya.

Sementara untuk pelaksanaan shalat Jumat, masih diperbolehkan dengan protokol kesehatan yang ketat diberlakukan. Petugas kesehatan melakukan pemeriksaan suhu tubuh kepada setiap jemaah yang memasuki masjid. Sementara, Satpol PP perempuan mengecek masker dan sajadah jemaah. Jamaah harus wuduk di rumah, mencuci tangan pakai hand sanitizer, untuk durasi kutbah juga dibatasi. (*)

Reporter : Riki Yuherman /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]