Kadar Emisi Karbon Global Menurun, Apakah Karena Pandemi Corona?


Kamis, 21 Mei 2020 - 23:18:05 WIB
Kadar Emisi Karbon Global Menurun, Apakah Karena Pandemi Corona? ilustrasi Bumi

HARIANHALUAN.COM -- Bertahun-tahun lamanya, kadar emisi karbon begitu tinggi dan bertahan dalam waktu yang cukup panjang. Namun, laporan terbaru baru saja diungkap dan menyebut bahwa kadar emisi karbon global mendadak menurun. Berkat pandemi corona?

Sebelumnya, yang bertanggung jawab pada tingginya kadar emisi karbon di muka Bumi sebagian besar dipengaruhi oleh aktivitas penerbangan dan transportasi. Namun, dalam jurnal yang diterbitkan berjudul Nature Climate Change, terungkap bahwa kadar emisi karbon global mendadak menurun sebanyak 17 persen sejak April 2020 lalu.

Mengutip Science Alert, angka ini jauh menurun jika dibandingkan dengan rata-rata emisi harian pada tahun 2019 lalu. Laporan ini menyebutkan bahwa rata-rata emisi harian mengalami penuruan hingga 18,7 juta metrik ton karbon.

Melihat angka baik dari penurunan emisi karbon global ini, para ilmuwan memprediksi bahwa akan terjadi penurunan pada angka 4 persen hingga 8 persen tahun 2020 ini. Penurunan emisi karbon global ini jelas saja menjadi yang terbesar sejak Perang Dunia II. (*)

 Sumber : Suara.com /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]