Kiat Aman Belanja Online Selama Pandemi


Jumat, 22 Mei 2020 - 09:40:01 WIB
Kiat Aman Belanja Online Selama Pandemi Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Hari Raya Idul Fitri tahun ini diperkirakan akan sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena pandemi virus corona, orang diminta untuk lebih banyak berada di rumah untuk memutus penyebaran virus. Perusahaan keamanan siber Kaspersky melihat selama berada di rumah atau saat libur, banyak orang yang berbelanja secara daring, menjadikan mereka berisiko terpapar kejahatan siber seperti phishing.

Survei Kaspersky di Indonesia untuk periode Januari-Maret 2020, dikutip dari keterangan pers, menunjukkan 25,7 persen pengguna komputer hampir terpengaruh ancaman berbasis web. Termasuk rekayasa sosial (social engineering) dan eksploitasi kerentanan di peramban dan plug-in.

Angka tersebut lebih baik dibandingkan periode yang sama pada 2019, yang mencapai 30,1 persen. Meski pun begitu, pengguna internet tetap harus waspada saat berselancar di dunia maya. Khususnya ketika melakukan transaksi karena Kaspersky menemukan sejumlah malware yang berkaitan dengan kegiatan belanja daring, termasuk spyware, trojan perbankan dan trojan ransomware.

"Masyarakat Indonesia agar selalu menjaga kewaspadaan, melindungi privasi online dengan baik dan jangan pernah terburu-buru dalam membuat sebuah keputusan, serta menjaga kesehatan digital sebagaimana menjaga kesehatan fisik," kata Territory Channel Manager Kaspersky Indonesia, Dony Koesmandarin.

Berikut ini langkah yang bisa ditempuh agar terhindar dari kejahatan online saat berbelanja kebutuhan Lebaran.

Jaga privasi
Hanya bagikan atau memberi izin akses informasi dengan pihak ketiga jika benar-benar diperlukan.

Tautan asing
Waspada terhadap tautan yang diberikan, jangan klik jika terlihat mencurigakan.

Periksa situs
Selalu periksa situs web toko online yang diakses, pastikan merupakan situs resmi. Lihat ulasan belanja online sebelum memasukkan informasi seperti kartu kredit dan transaksi pembayaran lainnya.

Kata sandi
Gunakan kata sandi yang tidak mudah ditebak.(*)
 

 Sumber : republika /  Editor : Nova Anggraini
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 24 Mei 2020 - 21:30:17 WIB

    Kiat Agar Tenang Saat Menanggapi Pertanyaan Kapan Nikah

    Kiat Agar Tenang Saat Menanggapi Pertanyaan Kapan Nikah HARIANHALUAN.COM - Meski menjalani perayaan Idul Fitri di masa pandemi virus corona jenis baru (Covid-19), umat Muslim tak berhenti melakukan tradisi silaturahim, utamanya melalui medium teknologi. Namun di balik silaturahim,.
  • Kamis, 26 Maret 2020 - 07:33:45 WIB

    Kiat Menjaga Rumah Agar Terhindar dari Corona

    Kiat Menjaga Rumah Agar Terhindar dari Corona JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Untuk menghentikan penyebaran virus corona, semakin banyak yang mengajak kita untuk tidak keluar rumah. Himbauan ini sudah diserukan, baik di Australia maupun di Indonesia. Inilah beberapa hal yan.
  • Rabu, 18 Maret 2020 - 18:06:29 WIB

    Kiat Merawat Setir Mobil agar Kinclong dan Bebas Virus

    Kiat Merawat Setir Mobil agar Kinclong dan Bebas Virus JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Untuk mengantisipasi penyebaran virus corona yang marak akhir-akhir ini, Anda harus lebih rajin dalam membersihkan kendaraaan, khususnya pada bagian interior..
  • Sabtu, 14 Maret 2020 - 19:38:03 WIB

    5 Kiat Berkendara Mobil agar Terhindar dari Corona

    5 Kiat Berkendara Mobil agar Terhindar dari Corona JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Virus Corona atau COVID-19 telah dikonfirmasi masuk ke Indonesia dan telah menewaskan 4 orang. Bagi pengendara yang ingin tetap beraktivitas menggunakan kendaraan pribadi tetap bisa melakukannya .
  • Senin, 09 Maret 2020 - 21:05:42 WIB

    Gampang Kok..! Berikut Kiat Supaya Kulkas Awet dan Tahan Lama

    Gampang Kok..! Berikut Kiat Supaya Kulkas Awet dan Tahan Lama JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Barang-barang elektronik tentunya wajib untuk kita rawat agar bisa bertahan lama. Salah satu barang elektronik yang dibutuhkan keberadaannya sehari-hari adalah kulkas. Untuk itu menjaga kulkas sel.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]