Trump Bisa 'Tumbang' Gara-gara Corona


Jumat, 22 Mei 2020 - 10:15:20 WIB
Trump Bisa 'Tumbang' Gara-gara Corona Donald Trump

HARIANHALUAN.COM - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump kemungkinan akan kalah telak dalam pemilihan presiden pada November mendatang. Mengingat ekonomi AS yang gonjang-ganjing diterpa virus Corona (COVID-19).

Pengangguran melonjak pada tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya. Pengeluaran konsumen menghilang dan Produk Domestik Bruto (PDB) runtuh. Sejarah menunjukkan bahwa tren ekonomi yang mengerikan menjadi malapetaka untuk presiden tersebut terpilih kembali.

Oxford Economics memperkirakan resesi yang disebabkan oleh Corona akan menyebabkan Trump menderita dan menjadi kekalahan bersejarah pada November mendatang. Pihaknya pun telah merilis model pemilihan nasional.

Model tersebut menggunakan penilaian jumlah pengangguran, pendapatan yang dibuang dan inflasi untuk meramalkan hasil pemilu. Diperkirakan Trump akan kalah secara besar-besaran, hanya meraih 35% suara rakyat dan itu akan menjadi kinerja terburuk bagi seorang presiden dalam satu abad. Perkiraan itu berbanding terbalik dari prediksi model pra-krisis bahwa Trump akan memenangkan sekitar 55% suara.

"Butuh keajaiban ekonomi untuk mendukung Trump. Ekonomi akan menjadi penghalang yang hampir tidak dapat diatasi untuk Trump pada November mendatang," tulis Oxford Economics dalam laporan itu dilansir dari CNN, Jumat (22/5/2020).

Model itu sebelumnya dengan tepat memprediksi pemilihan umum di setiap pemilihan sejak 1948 selain 1968 dan 1976. Meskipun dua kandidat kalah dalam pemilihan umum tetapi memenangkan kursi kepresidenan dalam rentang itu, termasuk George W. Bush pada tahun 2000 dan Donald Trump pada tahun 2016.

Model pemilihan nasional mengasumsikan ekonomi masih dalam kondisi buruk dengan pengangguran di atas 13%, pendapatan per kapita riil turun hampir 6% dari tahun lalu dan periode singkat dari penurunan harga, atau deflasi.

"Ekonomi masih akan berada dalam kondisi yang lebih buruk daripada di kedalaman Depresi Hebat," bunyi laporan Oxford Economics.(*)

 Sumber : detik.com /  Editor : Nova Anggraini
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 06 Juni 2020 - 08:06:41 WIB

    Inilah 5 'Perempuan Trump', Nilai Kekayaannya Capai Triliunan    

    Inilah 5 'Perempuan Trump', Nilai Kekayaannya Capai Triliunan     HARIANHALUAN.COM -- Siapa yang tidak kenal Donald Trump? Presiden Amerika Serikat (AS) saat ini, pengusaha, bintang TV dan miliarder, semua gelar itu melekat pada dirinya..
  • Kamis, 04 Juni 2020 - 17:59:33 WIB

    Trump Melarang Pesawat China Mendarat di AS, Ini Daftarnya

    Trump Melarang Pesawat China Mendarat di AS, Ini Daftarnya HARIANHALUAN.COM - Presiden AS Donald Trump melarang pesawat-pesawat penumpang dari China mendarat di AS. Ada beberapa maskapai China yang kena aturan Trump ini..
  • Kamis, 04 Juni 2020 - 12:54:32 WIB

    Sejumlah Negara Kini Serang Balik Trump

    Sejumlah Negara Kini Serang Balik Trump HARIANHALUAN.COM - Bagi negara-negara yang menjadi sasaran kritik AS karena dianggap melanggar hak-hak demokrasi, kematian George Floyd memberikan peluang untuk membalikkan keadaan di Washington. Berikut adalah bagaimana medi.
  • Rabu, 03 Juni 2020 - 13:35:59 WIB

    Awas! Trump Bakal Hukum Negara yang Pajaki Facebook Cs, Termasuk Indonesia

    Awas! Trump Bakal Hukum Negara yang Pajaki Facebook Cs, Termasuk Indonesia HARIANHALUAN.COM -- Negara-negara yang "mengganggu" Facebook cs sepertinya harus hati-hati. Pasalnya Amerika Serikat (AS) kini tengah menyelidiki aturan pajak digital yang diadopsi dan tengah dipertimbangkan sejumlah negar.
  • Sabtu, 30 Mei 2020 - 18:50:30 WIB

    Trump Perintahkan Amerika Keluar dari WHO

    Trump Perintahkan Amerika Keluar dari WHO HARIANHALUAN.COM - Amerika memutuskan untuk keluar dari keanggotaan Organisasi Kesehatan Dunia, WHO. Keputusan tersebut diambil oleh Presiden Donald Trump pada hari Jumat kemarin waktu Amerika. Trump, dalam pengumumannya, men.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]