Dua Qori dan Qoriah Harumkan Sumbar di Kancah Nasional


Jumat, 22 Mei 2020 - 12:13:48 WIB
Dua Qori dan Qoriah Harumkan Sumbar di Kancah Nasional Kakanwil menyerahkan piagam dan paket sembako kepada Endiko dan Dani disaksikan Kabag TU dan Kabid. Ist 

HARIANHALUAN.COM -- Meskipun bulan ramadan pada tahun ini, diselimuti wabah covid-19. Namun syiar, ramadan terus bergema.  Banyak program yang dilahirkan Kementerian Agama (Kemenag) bekerjasama dengan, berbagai media dan lembaga. Mulai dari tadarus online, lomba asmaul husna dan syiar agama melalui chanel youtube gencar dilakukan.  

Salah satunya, dengan program Indonesia mengaji yang, dilaksanakan Kemenag RI bekerjasama dengan Televisi Nasional Indosiar. Program ini menampilkan qori-qoriah terbaik utusan seluruh provinsi di Indonesia. Tak terkecuali Sumatra Barat (Sumbar) yang juga turut andil dalam program yang cukup diminati pemirsa Indosiar karena dikemas dengan apik.

Kepala Bidang Penais Zawa, melalui Kasi MTQ, Yusran Lubis, mengatakan, Kantor Wilayah (Kakanwil) Sumbar, mengutus dua qori terbaik. Dua qori yang diutus adalah Muhammad Endiko Ananta dan Dani Rahman.

Sebelum tampil di Indosiar, dua qori qoriah ini melakukan perekaman maqra' (bacaan) yang akan ditayangkan live di Indosiar.

“Sebelum tampil di Indosiar, kita bersama pelatih melakukan rekaman dulu untuk Endiko dan Dani. Sehingga apa yang kita tampilkan, di tingkat nasional itu benar-benar yang terbaik. Alhamdulillah, setiap penampilan mereka dewan juri, selalu mengapresiasi dan memuji penampilan mereka,” katanya, kemarin.

Diakuinya, proses rekaman ini cukup memakan waktu, ketika hasilnya belum memuaskan, akan kembali ulang. “Kita mau utusan Sumbar, menjadi qori qoriah yang patut disegani dan diperhitungkan ditingkat nasional,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenag Sumbar, H. Hendri didampingi Kabag TU H. Irwan menyampaikan, rasa bangga dan terimakasih kepada Endiko dan Dani yang telah mengharumkan nama Sumbar di kancah nasional.

“Kami sedikit terharu, baru kali ini kita menjuarai MTQ yang diselenggarakan televisi nasional dan kedua utusan Sumbar berhasil meraih juara I,” ungkap Kakanwil.

Ia berharap, mudahan-mudahan ini menjadi berkah, karena telah membuat harum nama Sumatra Barat.

“Meraih presatasi ini juga tidaklah mudah, pasti ada kerja keras, ada motivator, ada tekad yang bulat dan ada latihan yang kadang membuat kita menangis karena banyak tempahan-tempahan,” tuturnya.

Kakanwil juga minta Kabid Penais Zawa dan Kasi melakukan koordinasi dengan pihak Indosiar, mungkin ada kontrak atau kerjasama yang akan dijalankan Endiko dan dani. Terutama untuk kegiatan-kegiatan keagamaan.

“Alhamdulillah, kedua qori qoriah kita ini nanti akan mewakili Indonesia dalam MTQ international. Mudah-mudahan ini menjadi pertanda bahwa MTQ Nasional ke 28 di Sumatra Barat juga akan sukses,” harap H. Hendri.

Sementara Dani Rahman dan Endriko yang diwawancara usai pertemuan cukup terharu dengan apa yang telah mereka raih. Pasalnya, keduanya terlahir dari keluarga sederhana dan ini sebuah kebanggaan tersendiri bagi orang tua mereka. Mereka sangat bersyukur dari prestasi ini ada bonus 10 juta dari pihak Indosiar.

Dani Rahman yang merupakan anak ke 9 dari 11 (sebelas) bersaudara ini,  mengaku dia anak satu-satunya yang mengenyam pendidikan perguruan tinggi, karena ayahnya yang berprofesi sebagai tukang (kuli bangunan) tak sanggup membiayai pendidikan sebelas anaknya.

“Saya anak satu-satunya yang kuliah. Sementara kakak dan adiknya pergi merantau menyambung hidup dengan berjualan nasi Padang,” tuturnya dengan sedikit terharu.

Sementara Endriko, putra rang Agam itu juga terlahir dari keluarga sederhana. Ayahnya sehari-hari berprofesi sebagai mubaligh dan ibunya sebagai ibu rumah tangga. Endriko Putra, dari empat bersaudara, kini sedang menempuh pendidikan di Universitas Medan. (*)

Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]